PENGARUH PERAN KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI KARYAWAN PADA PT ASTRA GRAPHIA

Authors

  • Senny Handayani
  • Siti Aisyah

Abstract

Peran kepemimpinan dan budaya organisasi merupakan bagian penting dalam  suatu organisasi/perusahaan, yang dapat meningkatkan motivasi karyawan, sehinga dapat meningkatkan kinerja.

         Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui, menganalisis, dan menjelaskan pengaruh kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap motivasi kerja karyawan pada PT Astra Graphia .

Metode analisis  dengan deskriptif kuantitatif, teknik skala dan analisis jalur, dengan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan :

  1. Kepemimpinan pada PT. Astra Graphia,  berdasarkan hasil analisis rentang berada pada rentang skala antara 340 – 420 masuk pada kreteria setuju, dari dua belas indikator, semua berada pada kriteria setuju, artinya seluruh karyawan PT. Astra Graphia setuju terhadap peran kepemimpinan yang selama ini.
  2. Budaya Organisasi  pada PT. Astra Graphia berdasarkan hasil analisis rentang berada  pada   rentang  skala   340 – 420    dengan kriteria setuju. Namun terdapat  satu indikator yang ada pada kriteria cukup setuju  yaitu : Perhaian pada hal-hal detail dengan skor  = 337, yang masih harus diperbaiki.
  3. Motivasi Karyawan   berdasarkan hasil analisis rentang skala berada pada rentang skala  340 – 420 yang semua indikator berada pada  kriteria setuju . Kesepuluh indikator tersebut semuanya berada pada kriteria setuju, ini artinya bahwa seluruh karyawan PT. Astra Graphia setuju terhadap budaya organisasi yang selama ini dijalankan pada perusahaan tersebut.
  4. Hubungan Kepemimpinan  dengan  Budaya Organisasi memiliki nilai korelasi 0,327, masuk pada  kriteria yang rendah dan dengan nilai  positif, dan searah, artinya apabila peran kepemimpinan pada PT. Astra Graphia  semakin baik, maka budaya organisasi tersebut juga akan semakin baik.
  5. Pengaruh parsial Kepemimpinan terhadap Motivasi = 81,1 % merupakan kontribusi pengaruh langsung 0,786 dan tidak langsung 0,025 .  Sedangkan  Pengaruh Parsial  Budaya Organisasi  terhadap Motivasi = 03,3 %  merupakan kontribusi pengaruh langsung 0,008 dan tidak langsung 0,025 ).
  6. Pengaruh secara  simultan untuk variabel independen terhadap variabel dependen, yaitu Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Motivasi, = 0,844 atau 84,4 % ( nilai tersebut merupakan kontribusi pengaruh langsung sebesar 0,811 dan pengaruh tidak langsung sebesar 0,033 ),  sedangkan sisanya 15, %  merupakan kontribusi variabel lain (?) yang tidak diteliti.

Kata Kunci : kepemimpinan dan budaya organisasi merupakan motivasi ekstrinsik

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam Ibrahim Indrawijaya. 2010. Teori, Perilaku, dan Budaya Organisasi, Cetakan Pertama, PT. Refika Aditama, Bandung.

Edy Sutrisno. 2010. Budaya Organisasi, Cetakan Ke-1, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Hasibuan, Malayu SP. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

--------------------------. 2006. Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah, Edisi Revisi. PT. Bumi Aksara, Jakarta

Hadari Nawawi. 2006. Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi, Gajah Mada University Press, Bulaksumur, Yogyakarta.

Gouzali Saydam. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia Suatu Pendekatan Mikro, Cetakan Ketiga, Djambatan, Jakarta.

Khaerul Umam. 2010. Perilaku Organisasi, Cetakan Pertama, CV. Pustaka Setia, Jln. BKR ( Lingkar Selatan), Bandung.

Marwansyah. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua, Alafabeta, Bandung.

Miftah Toha. 2003. Perilaku Organisasi Konsep dasar dan Aplikasinya, PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Sedarmayanti. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Cetakan Kelima, Refika Aditama, Bandung.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Cetakan Ke Tigabelas, Alabeta CV, Bandung.

Suwatno & Donni Juni Priansa. 2011. Manajemen SDM Dalam Organisasi Publik dan Bisnis, Alfabeta, Bandung.

Sudarwan Danim. Kinerja Staf dan Organisasi, Cetakan Pertama, CV. Pustaka Setia, Jln. BKR ( Lingkar Selatan), Bandung.

Stephen P. Robbins. 2006. Perilaku Organisasi, PT Indeks Kelompok Gramedia, Jakarata.

Veithzal, Rivai. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan Dari Teori ke Praktik, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Wibowo. 2010. Budaya Organisasi Sebuah Kebutuhan Untuk Meningkatkan Kinerja Jangka Panjang, PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Internet :

www.usdatinaker.balitfo.depnakertrans.go.id.

www.pusdatinaker.balitfo.depnakertrans.go.id

Published

2016-10-01