PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE TEMPAT WISATA PANTAI SAMUDERA BARU

Authors

  • Fajar Ramadhan

Abstract

Pariwisata adalah salah satu jenis industri yang mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi dan penyediaan lapangan kerja, peningkatan penghasilan, standar hidup serta menstiamulasi sektor-sektor produktif lainnya. Selanjutnya, sebagai sektor yang kompleks, pariwisata juga merealisasi industri-industri klasik seperti industri kerajinan tangan dan cinderamata, penginapan serta transportasi.

Pantai Samudera Baru berada di wilayah utara Karawang, tepatnya di Desa Sungaibuntu, Kecamatan Pedes. Jaraknya, sekitar 40 kilometer dari kota Karawang. Memiliki pemandangan alam yang cukup eksotis dan layak untuk dijadikan tempat wisata unggulan. Di kawasan pantai ini sudah tersedia warung makan tradisional sebuah panggung hiburan, pasar tradisional serta penginapan dengan fasilitas yang sederhana, tersedia juga penyewaan perahu tradisional dan juga sarana bilas air bersih setelah wisatawan merasa puas berenang di laut.

Tipe penelitian yang di gunakan adalah penelitian eksplanatory. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang di sebarkan kepada 347 responden dari pengunjung Pantai Samudera Baru Karawang. Data dianalisis secara data analisis kuantitatif dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, koefisien determinasi regresi linier sederhana, analisis jalur, uji t, dan uji f dengan bantuan SPSS.

Hasil penelitiannya dapat disimpulkan bahwa pengaruh kualitas pelayanan dan promosi secara simultan terhadap keputusan berkunjung berada pada nilai 0,604. Hal ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh positif dan kuat terhadap keputusan berkunjung sebesar 60,4%. Sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian ini sebesar 39,6%.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Promosi, Keputusan Berkunjung dan Pantai Samudera Baru Karawang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hernanvilya, Doanita. 2011. Pengaruh Strategi Promosi Periklanan Terhadap keputusan Berkunjung Wisatawan di Kawasan Wisata Bahari Pantai Bentar Kabupaten Probolinggo Jawa Timur. Universitas Brawijaya.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 2 Edisi 13. Jakarta: Erlangga

___________. And Amstrong. 2009. Marketing Management. 13th Edition. New Jersey: Prentice Hall

___________. And Bowen, Makens. 2009. Marketing for Hospitality and Tourism. Prentice Hall.

Kusnandar, Riyadi. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Tamu Bisnis Yang Menggunakan Meeting Package Di Savoy Homann Bidakara Hotel Bandung (Survei Pada Tamu Bisnis yang Menggunakan Meeting Package di Savoy Homann Bidakara Hotel Bandung). Universitas Pendidikan Indonesia. Repository.upi.edu. Perpustakaan.upi.edu.

Lita, Ratni. 2007. Pengaruh Pelasksanaan Bauran Pemasaran Jasa Sebagai Keunggulan Bersaing Terhadap Proses Keputusan Wisatawan Mengunjungi Obyek Wisata di Kota Padang. Universitas Andalas.

MediaNasution, Risma Ida D. 2013. Pengaruh atraksi, promosi dan serice quality terhadap kunjungan wisatawan di Taman Safari Cisarua. Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti.

Novena, Vesia Kriskaritta. 2013. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Kunjungan Konsumen Pariwisata (Studi pada Objek Wisata Umbul Sidomukti, Kabupaten Semarang). Universitas Diponegoro Semarang.

Romdoni, Budi Akhmad. 2013. Pengaruh Kualitas Produk Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Di Wisata Pakuhaji (Survey pada Wisatawan yang berkunjung ke Pajuhaji). Universitas Pendidikan Indonesia. Repository.upi.edu. Perpustakaan.upi.edu.

Schiffman, Leon. G and Kanuk, Leslie Lazar. 2004. Consumer Behavior 8th edition. Pearson Prentice Hal

Setiadi, Nugroho J. 2008. Perilaku Konsumen. Jakarta: Prenada Media.

Sugiyono, 2007. Metodologi Penelitian Administrasi. Grafindo, Jakarta

Sutrisno, Bayu. 2013. Pengaruh Atribut Produk Wisata Tirta Terhadap Keputusan Berkunjung Di Water Park Bojongsari Indramayu. Universitas Pendidikan Indonesia. Repository.upi.edu. Perpustakaan.upi.edu.

Swastha, Basu dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Jakarta: Liberty.

Tjiptono, Fandy. 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Andi

_____________. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Andi

Undang-Undang RI No 10 Tahun 2009 Tentang kepariwisataan.

Published

2016-10-01