PENGARUH MOTIVASI DAN MANAJERIAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN BANK

Authors

  • Didit Supriyadi

DOI:

https://doi.org/10.35706/value.v1i2.674

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh   motivasi dan Manajerial  terhadap kinerja Bank  bjb. Motivasi diukur melalui  unsur pendapatan, iklim kerja, dan prospek karir, Manajerial diukur dengan  kejelasan tujuan dan target, kejelasan tugas-tugas dan tanggung jawab, dan strategi manajemen sedangkan kinerja bank diukur dengan kinerja karyawan dan kesehatan bank.  Metode penelitian yang digunakan  explanatory survey dengan teknik pengambilan data melalui kuesioner dan wawancara. Sampel penelitian adalah karywan bank bjb  yang memiliki jabatan mulai dari karyawan sampai dengan pimpinan.sebanyak  sebanyak 312 orang dari populasi 1114 orang. Data yang telh dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan  analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil kajian  menunjukkan bahwa motivasi dan manajerial   memberikan pengaruh  terhadap kinerja karyawan. 

 

Keyword : Motivasi, Manajerial,dan  Kinerja Karyawan

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.A Anwar P Mangkunegara, 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Anwar, Indochi, 1984, Pengaruh Iklim Organisasi Sekolah dan Kepuasan Kerja Terhadap Performance Guru di SMA Negeri 1 Tarogong di Kabupaten Garut, IKIP Bandung

Allyn And Bacon. 1993, Human Resources Management, Division Of Simon Schuster. Inc

Angelini, P. dan N. Cetorelli. 2003. “Bank Competition and Regulatory Reform: The Case of the Intalian Banking Industry”. Journal Money, Credit, and Banking 35(5): 663-684

Bank Indonesia, 2005, Direktori Perbankan Indonesia 2004 (dan edisi lainnya)

Bank Indonesia, 2006, Laporan Perekonomian Indonesia 2006

Bank Jabar Banten, 2008, Laporan Perekonomian Indonesia 2008

Bikker, J. A. dan K. Haaf. 2002. “Competition, Concentration and Their Relationship: An Empirical of the Banking Industry”. Journal of Banking and Finance 26(11): 2191-2214.

Bresnahan, T. F. 1989. “Empirical Studies of Industries with Market Power”. dalam Handbook of Industrial Organization, Vol. 2. diedit oleh R. Schmalensee dan R. Willig. Amsterdam: North-Holland

Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Peningkatan Kinerja Kepala Sekolah. Jakarta : Depdiknas, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Djatmiko, Yayat. 2004. Perilaku Organisasi. Bandung : Alfabeta.

Fathoni, Abdurrahmat. 2006. Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Filippo, Edwin B. 1992. Manajemen Personalia. Jakarta : Erlangga.

Hadikusumo, Kunaryo,dkk. 1996. Pengantar Pendidikan. Semarang : IKIP Semarang Press

Handoko, T.H. 2000. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : BPPE.

Hariandja, M.T.E. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia : Pengadaan, Pengembangan, Pengkompensasian, dan Peningkatan Produktivitas Pegawai. Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Hasibuan, M. 1995. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. Gunung Agung.

. 2001. Organisasi dan Motivasi. Jakarta. Gunung Agung.

. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. Gunung Agung.

Huesin Umar, 2002, Metode Riset Bisnis, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Jann Hidayat, T. dan Donald Crestofe, L. 2006. Knowledge Management : Dalam Konteks Organisasi Pembelajar. Bandung : SBM ITB

Kubo, K. 2006. “The Degree of Competition in the Thai Banking Industry Before and After the East Asian Crisis”. ASEAN Economic Bulletin 23(3): 325-340.

Laporan Keuangan Publikasi Bulanan. Berbagai edisi. (diambil dari publikasi Bank Indonesia di www.bi.go.id )

Mangkunegara, A.A. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : Rosdakarya

Manulang. 1963. Dasar-dasar Manajemen. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Marihot Tua, 2005, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Grasindo

Maslow. 1993. A Theory of Human Motivation. New York : Psychologica Review, 370-396.

Mudyahardjo, Redja. 2001. Pengatar Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Musanef. 1993. Manajemen Kepegawaian di Indonesia. Jakarta : Gunung Agung.

Musselman A Vennon dan John H Jackson. 1992. Pengantar Ekonomi Perusahaan Jilid 2. Jakarta : Erlangga.

Nitisemito. 1996. Manajemen Personalia (Manajemen SDM). Jakarta : Ghalia Indonesia

Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Paul, D. Sweeney dan Dean B. Mcfarlin. 2002. Organizational Behavior Solution Tes Management. New York : Mc Graw Hill.

Pusat Data dan Analisa Tempo (PDAT), 2007

Siagian, S.P. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Sianipar. 1999. Perencanaan Peningkatan Kinerja. Jakarta : LAN-RI.

Siswanto Sastrohadiwiryo, 2001, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia, Jakarta:Bumi Aksara

Sugiyono, 2006, Metode Penelitian Binis, Bandung: Alfabeta.

Supardi dan Saiful Anwar. 2002. Dasar-dasar Perilaku Organisasi. Yogyakarta : UII Press

Rattah, N. 2001. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Sangkala. 2006. Intellectual Capital Management-Strategi Baru Membangun Daya Saing Perusahaan. Jakarta : YAPENSI.

Siamat, DAhlan. 2004. Manajemen Lembaga Keuangan. Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sutisna, O. 1993. Administrasi Pendidikan Dasat Teoritis untuk Praktek Profesional. Bandung : Angaksa.

Soelaeman, M.I. 1983. Landasan Pendidikan. Bandung : IKIP

Tim Dosen MKDP. 2008. Landasan Pendidikan. Bandung : Sub Koordinator MKDP Landasan Pendidikan UPI.

Tirtarahardja, Umar dan S.L. La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Tirton, P.B. 2005. Paradigma Baru MSDM-Kunci Sukses Meningkatkan Kinerja Produktivitas,Motivasi, dan Kepuasan Kerja. Yogyakarta : Tugu

Toha, M. 2002. Perilaku Organisasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Ukas, Maman. 2004. Manajemen. Bandung : Agnini

Umar, Husaini. 2006. Manajemen-Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Wanjo, Sumidjo. 1992. Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta : Bumi Aksara.

Weihrich, Heinz, and Koontz, Harold. 1994. Management : Global Perspective (Tenth Edition). McGraw Hill International Edition. Management and Organization Series.

Winardi. 1983. Asas-Asas Manajemen. Bandung : Angkasa

Wirawan. 2007. Budaya dan Iklim Organisasi. Jakarta : Salemba Empat.

Yuki, Gary. 1994. Kepemimpinan Dalam Organisasi Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta : Prehallindo.

Sumber Jurnal

Agustin Dwi Hastuti & Kussudyarsana, 2007, Analisis Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Pada PD. BPR BKK Sragen Kota Kabupaten Sragen Tahun 2003-2005, Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Volume 6, No. 1, April 2007 Halaman 1 - 17

Douglas Kruse, Richard Freeman, Joseph Blasi, Robert Buchele, Adria Scharf, Loren Rodgers, Chris Mackin, 2004, Motivating Employee-Owners In Esop Firms: Human Resource Policies and Company Performance, Advances in the Economic Analysis of Participatory & Labor-Managed Firms, Volume 8, Emerald Group Publishing Limited, pp.101-127

Goncharuk A G, Monat J P, 2009, A synergistic performance management model conjoining benchmarking and motivation, Benchmarking: An International Journal, 2009, Volume: 16 Issue: 6 pp.767-784 (18 pages)

Irene Nikandrou, Nancy Papalexandris, Dimitris Bourantas, 2000, Gaining employee trust after acquisition: Implications for managerial action, Employee Relation, Vol.22, Number.4, p.334-355

Jean-Charles Chebat, Barry Babin, Paul Kollias, 2002, What makes contact employees perform? Reactions to employee perceptions of managerial practices, International Journal of Bank Marketing, Vol. 20 Iss: 7, pp.325 - 332

Muhammad Nur Sidik. 2004. Jurnal Ekonomi “Produktivitas Diukur dari Meningkatkan Produktivitas melalui Pemberdayaan Manusia”. Bandung.

Natalia Martín Cruz, Víctor Martín Pérez, Celina Trevilla Cantero, 2009 , The influence of employee motivation on knowledge transfer, Emerald Journal - Journal of Knowledge Management Vol. 13 Iss: 6, pp.478 – 490

Ni Ketut Lely Aryani Merkusiwati, 2007, The Assesment Of CAMEL Effect Toward The Performance Of Company, Buletin Studi Ekonomi Volume 12 Nomor 1 Tahun 2007

Rafikul Islam, Ahmad Zaki Hj. Ismail, 2008, Employee motivation: a Malaysian perspective, Emerald Journal - International Journal of Commerce and Management, Vol. 18 Iss: 4, pp.344 – 362

Ramus C.A. Killmer A.B.C, 2007, Corporate greening through prosocial extrarole behaviours - a conceptual framework for employee motivation, Human Resource Management International Digest, Volume 16, Issue 3.

Rune Bjerke, Nicholas Ind, Donatella De Paoli, 2007, The impact of aesthetics on employee satisfaction and motivation, Emerald Journal - EuroMed Journal of Business, Vol. 2 Iss: 1, pp.57 – 73

Shin-ichi Fukuda, Munehisa Kasuya, 2008, Impaired Bank Health and Default Risk, Graduate School of Economics, University of Tokyo

Stan Davis, James M. Kohlmeyer, 2005, The Impact of Employee Rank on the Relationship between Attitudes, Motivation, and Performance, in Professor Marc Epstein and Professor John Y. Lee (ed.), Advances in Management Accounting, Volume 14), Emerald Group Publishing Limited, pp.233-252

Terje Slåtten, 2009, The effect of managerial practice on employee-perceived service quality: The role of emotional satisfaction, Managing Service Quality, Vol. 19 Iss: 4, pp.431 – 455

Wirnkar Alphonsius Dzeawuni Sr., Dr. Muhammad Tanko II, 2008, CAMELs and Banks Performance Evaluation: The Way Forward, Available at SSRN: http://ssrn.com/abstract=1150968

Sumber Lainnya

Peraturan Bank Indonesia Nomor : 6/10/PBI/2004 Tentang Sistem Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum.

Surat Edaran Bank Indonesia Nomor : 6/23/DPNP/2004 Perihal Sistem Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum.

Published

2017-05-02