ANALISIS EKUITAS MEREK BERDASARKAN PERSPEKTIF WISATAWAN PADA TAMAN SRI BADUGA PURWAKARTA

Authors

  • Dicky Darmawan
  • Abdul Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.35706/value.v2i2.1331

Abstract

Sektor pariwisata di kabupaten Purwakarta sangat potensial, memiliki beragam objek wisata yang terbagi menjadi enam karakter wisata, yaitu: pegunungan, bahari, sejarah (heritage), religi, purbakala dan buatan. Taman Sri baduga merupakan salah satu objek wisata buatan yang berada di kota Purwakarta di area Situ Buleud.

Fenomena yang terjadi terkait destinasi wisata Taman Sri baduga adalah dijadikannya atraksi air mancur yang menjadi daya Tarik pengunjung dan merupakan destinasi yang cukup fenomenal di wilayah Purwasukasi.

Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian deskriptif yaitu menggunakan analisis statistik deskriptif dana analisis faktor. Penelitian ini menggunakan galat pendugaan sebesar 5%, sehingga menghasilkan sampel sebanyak 389 responden.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap 396 responden pada Taman Sri Baduga Purwakarta yang berkunjung dengan kategori wisata, faktor yang wmempengaruhi terhadap ekuitas merek yaitu hiburan 2, bersahabat dengan orang, daya tarik budaya, merekomendasikan wisatawan, lebih disukai wisatawan. Hal ini dapat dilihat dari indikator yang memiliki factor loading terbesar daripada indikator lainnya.

Faktor yang memberikan pengaruh dominan terhadap ekuitas merek yang berkunjung dengan kategori wisata pada Taman Sri Baduga Purwakarta yaitu hiburan 2. Hal ini dikarenakan hiburan 2 memiliki nilai factor loading terbesar diantara faktor lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Assauri, Sofjan. 2015. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Hasibuan, Malayu S.P. M. 2011. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Rangkuti, Freddy. The Power Of Brands: Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, Ujang et al. 2009. Pemasaran Strategik: Strategi untuk Perumbuhan Perusahaan dalam Penciptaan Nilai bagi Pemegam Saham. Jakata: Inti Prima.

Suprihanto, John. 2014. Manajemen. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi.

Vellas, Francois dan Lionel Becherel. 2008. Pemasaran Pariwisata Internasional: Sebuah Pendekatan Strategis. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Wijayanto, Dian. 2012. Pengantar Manajemen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Yusuf, A. Muri. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Pranamedia Group.

Jurnal:

Brunello, Adrian. 2014. Customer- Based Brand Equity – An Innovative Approach. Volume 23, Nomor 1, 2014.

Chow et al. 2016. Building Brand Equity Through Industrial Tourism. Asia Pasific Management Review. Volume 22, Issue 2. 2016¬

Hartanto Yuwo dkk. 2013. Customer Based Brand Equity for A Tourism Destination (CBBETD): TheSpesific Case of Bandung City, Indonesia. Organizations and Markets in Ememrging Economies. Volume 4, Number 1, 2013.

Fuadi. 2017. Analisis Model Customer Based Brand Equity (CBBE) pada Industri Pariwisata Bahari di Kota Sabang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Volume 17, Nomor 1, 2017.

Harahap et al. 2014. Citra Merek, Ekuitas Merek, dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen pada Produk Indomie di Kecamatan Malalayang 1 Barat Manado. Jurnal EMBA. Volume 2, Nomor 2, 2014.

Kim, Hwa- Kyung. Timothy J. Lee. 2018. Brand Equity of a Tourism Destination. Sustainability. Volume 10, 2018.

Kurniawati, Dyah dan Deby Susanti Sudrsono. 2013. Elemen Ekuitas Merek dalam Keputusan Pembelian Laptop. Junal Riset Manajemen dan Akuntansi. Volume 1, Nomor 1, 2013.

Lumanauw et al. 2014. Marketing Mix Pengaruhnya terhadap Volume Penjualan pada PT Manado Sejati Perkasa Group. Jurnal EMBA. Volume 2, Nomor 1, 2014.

Maduwinarti, Ayun dan Ich Diana Sarah Dhiba. 2014. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Minat Pengunjung Obyek Wisata Meseum Kesehatan Dr. Adhyatma, MPH Surabaya. Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen. Volume 1, Nomor 1, 2014.

Mafini et al. 2014. The Impact of Packaging, Price and Brand Awareness on Brand Loyalty: Evidence From the Paint Retailing Industry. Acta Commercii. Volume 4, Nomor 1, 2014.

Massie, Philander Varian. 2013. Ekuitas Merek Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian XL Mobile Data Service Di Kota Manado. Jurnal Emba. Volume 1, Nomor 4. 2013.

Molina et al. 2015. A Model Of Tourism Destination Brand Equity: The Case of Wine Tourism Destinations in Spain. Tourism Management. Volume 51, 2015.

Pike et al. 2014. Investigating Attitudes Towards Three South American Destinations in an Emerging Long Haul Market Using a Model of Consumer- Based Brand Equity (CBBE). Tourism Management. Volume 42, 2014.

Widagdyo, Kurniawan Gilang. 2017. Pemasaran, Daya Tarik Ekowisata dan Minat Berkunjung Wisatawan. Esensi. Volume 7, Nomor 2, 2017.

Yulianto, Edi et al. 2015. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Keputusan Pembelian: Survey pada Pelanggan yang menggunakan Jasa Pengiriman di Kantor Pos Besar Kota Malang. Jurnal Administrasi Bisnis. Volume 1, Nomor 1, 2015.

Published

2018-04-15