EVALUASI PROGRAM SAHABAT LANSIA BUGAR MANDIRI MENGGUNAKAN METODE CIPP

Penulis

  • Riezki Akbar Universitas Siliwangi
  • Ira Tri Rachmawati
  • Muhammaf Gifar Hasyim
  • Rizkia Zakia Septiani
  • Ahmad Hamdan

Abstrak

This research examines reports on community empowerment in the form of the Self-Esteem program (Friends of the elderly Bugar Mandiri). The Self-Esteem Program is an activity that refers to elderly skills activities through ecoprint skills, which aims to improve the skills and knowledge of elderly people so that later they can be independent and creative. The method used is a qualitative approach which produces descriptive data in the form of speech or writing. The evaluation model used is the CIPP model (Context, input, process, product). The results of the evaluation carried out in the Self-Esteem program show that the implementation of the Self-Esteem program has been quite good seen from the context that the elderly are able to understand each material, but there needs to be an approach that is close enough to the elderly so that they can be comfortable in implementing it. In terms of input, it is quite good in terms of facilities, sources or funds. Apart from that, in terms of the process, it is in accordance with established procedures, where the elderly are able to participate in the implementation of ecoprint skills. And the product has a good category because the elderly are able to make ecoprints from each stage of manufacture.

 Keywords: Ecoprint, Elderly, CIPP, Evaluation

 ABSTRAK

Penelitian membahas laporan pemberdayaan masyarakat berupa program Harga Diri ( Sahabat lansia Bugar Mandiri). Program Harga diri merupakan kegiatan yang mengacu pada kegiatan keterampilan lansia melalui keterampilan ecoprint, bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan lansia sehingga nantinya dapat mandiri dan kreatif. Metode  yang digunakan adalah kualitatif.. Model evaluasi yang digunakan adalah model CIPP ( conteks, input,  proses, produk). Hasil evaluasi yang dilaksanakan dalam program Harga Diri bahwa pelaksanaan program harga diri sudah cukup baik dilihat dar conteks bahwa lansia mampu memahami setiap materi, namun perlu adanya pendekatan yang cukup dekat dengan lansia sehingga mereka dapat nyaman dapalam pelaksanaanua. Untuk segi input  sudah cukup baik dari sarana, narasumber ataupun dana. Selain itu dalam segi Proses sudah sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan ditetapkan, dimana lansia mampu mengikuti pelaksanaan pembuatan keterampilan ecoprint. Dan dalam produk memiliki kategori baik karena para lansia mampu melakukan pembuatan ecoprint dari tiap tahap pembuatan.

Kata Kunci: Ecoprint, Lansia, CIPP, Evaluasi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Azis, M, Y., Kuraesin, A., Susanti, S. (2021). Peningkatan Self Eficacy dan Harga Diri Pada Lansia Melalui Keterampilan Ecoprint. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2(3), 558-543. DOI: https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.1756

Darodjat., Wahyudhiana, M. (2015). Model Evaluasi Program Pendidikan. ISLAMADINA, 15(1), 1-28. DOI: http://dx.doi.org/10.30595/islamadina.v0i0.1665

Fahruddin. (2020). Evaluasi Program Pembelajaran Sejarah Menggunakan Model Context, Input, Process, Product (CIPP). Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 8(2), 199-211. DOI: http://dx.doi.org/10.24127/hj.v8i2.2325

Kurniawan, S. (2021). Pembaharuan Sistem Pemidanaan Lanjut Usia Sebagai Pelaku Tindak Pidana Di Indonesia. Perpustakaan Riset Badan Pemeriksaan Keuangan. Diakses pada https://library.bpk.go.id/koleksi/detil/jkpkbpkpp-e-qPOPYqysNJ

Kuswandi, A., Sulfiati, Y., Muthi, I. (2022). Evaluasi Program Supervisi akademik Pengawas Madrasah dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Madrasah Aliyah. Jurnal Administrasi dan Manajeman Pendidikan. 5(4), 300-308. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v5i42022p300

Munthe, A. P. (2015). Pentingya Evaluasi Program Di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria, 5(2), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14

Nissa, P., Widiawati, D. (2014). Eksplorasi Teknik Ecoprint Dengan Menggunakan Limbah Besi Dan Pewarna Alami Untuk Produk Fashion. Jurnal Tingkat Sarjana Bidang Seni Rupa, 3(1), 1–7.

Nova, Rita, B. (2019). Evaluasi Program Pendidikan Pemakai Dengan Model CIPP di Perpustakaan Fakultas Teknik UGM. Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 3. https://doi.org/10.36706/jbti.v7i2.10146

Nugrahani, F., Hum, M. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books.

Purnomo, A. H. ., Nasution, D. R. ., Annisa, R. M., Syaroh, M. ., & Sari, D. M. . (2022). Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2235–2241. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5056

Rama, A., Ambiyar, A., Rizal, F., Jalinus, N., Waskito, W., & Ema, R. (2023). Konsep model evaluasi context , input , process dan product ( CIPP ) di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 8(1), 82–86.

Rodyadi, F, A., Wahyudin, U., Sukmana, C. (2023). Laporan Evaluasi Program Pendidikan Masyarakat Evaluasi Program Kursus Bahasa Inggris PKBM Darul Mudzakkirin Antapani. Jurnal Andragogi Pedagogi dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(4), 148-153. DOI: https://doi.org/10.26858/jappa.v1i4.48323

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Meotde Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1),2896-2910. DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6187.

Yaswinda, L. Y. (2022). Evaluasi Model Cipp Program Parenting Untuk Meningkatkan Perkembangan Anak Usia Dini Tk Ar-Rasyid. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2535–2546. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1089

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-07

Cara Mengutip

Akbar, R., Rachmawati, I. T., Hasyim, M. G., Septiani, R. Z., & Hamdan, A. (2024). EVALUASI PROGRAM SAHABAT LANSIA BUGAR MANDIRI MENGGUNAKAN METODE CIPP. JoCE (Journal of Community Education), 4(1), 16–25. Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/joce/article/view/10511

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2