PELATIHAN CANVA PADA PAKET C PKBM NURUL ISLAM
Abstrak
The purpose of this training is to develop potential of package C learning citizens at PKBM Nurul Islam related to the use of canva. The methods used are training, practice, games and fun learning.The research method in this research is using a qualitative approach method. The result is that the learning citizens are able to use canva, especially in making posters. The learners were directed to directly practice making posters. In addition, the learning citizens are taught to be confident and brave in presenting their work in front of other learning citizens. In the process of practicing making posters, the learners were guided by the tutor and were allowed to ask questions or ask for help when experiencing difficulties. The training explained the meaning of canva, tools from canva, understanding posters and how to make posters.
Keywords: Canva Training, PKBM Package C
ABSTRAK
Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk mengembangkan potensi warga belajar paket C di PKBM Nurul Islam terkait penggunaan canva. Metode yang digunakan adalah dengan pelatihan, praktek, games dan fun learning. Metode penelian pada penelitian ini yakni menggunakan metode pendekatan kualitatif. Hasilnya para warga belajar mampu menggunakan canva khususnya dalam pembuatan poster. Para warga belajar diarahkan untuk langsung mempraktekan membuat poster. Selain itu, para warga belajar diajarkan untuk percaya diri dan berani dalam mempresentasikan hasil karya nya didepan warga belajar lain. Pada proses praktek pembuatan poster para warga belajar dibimbing oleh tutor dan dipersilahkan bertanya ataupun meminta bantuan ketika mengalami kesulitan. Yang dijelaskan dari pelatihan ini adalah pengertian canva, tools dari canva, pengertian poster dan cara membuat poster.
Kata Kunci: Pelatihan Canva, Paket C PKBM
Unduhan
Referensi
Cunningham, Ian. (1987). Self Managed Learning in Action: Putting SML into Practice.
United Kingdom : Routledge.
Bergo, Cristina, et.al, (t.t.). Pro-Skills Basic Skill for Lifelong Learning. Landau : Pro- Skill
Project.
Masadeh, Mousa. (2012). Training, Education, Development and Learning: What is the
Difference?. Europan Scientific Journal, Vo. 8, No.1.
Sunyoto, 2004, Pembangunan dan PemberdayaanMasyarakat, Yogyakarta : Pustaka
pelajar.
Habib, 2021, Kajian Teoritis Pemberdayaan Masyarkat dan Ekonomi Kreatif,
Tulungagung
Moleong Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Budiman, Haris. 2017. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Al-
Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, (Online). Vol.8 No.I,
http://103.88.229.8/index.php/tadzk iyyah/article/view/2095/1584
Dzulhijjah, Putri D., et al. "Penerapan Prezi Dekstop sebagai Media Presentasi untuk
Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Hidrokarbon di Kelas X SMA
Negeri 9 Pekanbaru." Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Riau, vol. 2, no. 2, Oct. 2015, pp. 1-11.
Hakim, Dori Lukman. 2017. Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Matematika Media Prezi
(Teaching Math Training Materials Making Media Prezi). UNES Journal of Community
Service Volume 2, Issue 2, December 2017 P-ISSN: 2528- 5572, E-ISSN: 2528-6846. Open
Access at: http://journal.univ- ekasakti-pdg.ac.id.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 JoCE (Journal of Community Education)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.