Pelatihan Vokasional Sebagai Bimbingan Keterampilan Bagi Penyandang Disabilitas Mental
DOI:
https://doi.org/10.35706/joce.v1i1.3916Abstrak
Penyandang Disabilitas Mental (PDM) adalah individu yang mengalami gangguan dalam pikiran, perilaku, dan perasaan yang menimbulkan sekumpulan gejala dan perubahan perilaku, serta dapat menyebabkan penderitaan dan hambatan dalam menjalankan fungsinya sebagai manusia. Bimbingan keterampilan bagi penyandang disabilitas mental yang dilakukan oleh Yayasan Rumah Antara Graha Berdaya merupakan upaya yang dilakukan agar penyandang diasbilitas mental mampu meningkatkan kesejahteraan sosial bagi dirinya maupun keluarganya. Pelatihan vokasional dianggap cocok jika diberikan pada penyandang disabilitas mental karena mempunyai tingkat kesulitan yang rendah serta pelatihan ini hanya terfokus pada salah satu bidang keahlian saja. Oleh karena itu tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses pelatihan vokasional dan mendeskripsikan keterampilan peserta setelah mengikuti pelatihan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode studi kasus dengan pengumpulan data melalui kegiatan observasi dan wawancara di Yayasan Rumah Antara Graha Berdaya. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pelatihan vokasional yang diselenggarakan berjalan cukup baik sesuai dengan tujuan yaitu memberikan keterampilan bagi penyandang disabilitas mental.
Kata Kunci : keterampilan, pelatihan vokasional, penyandang disabilitas mental.
Unduhan
Referensi
Kamil, Mustofa. (2012). Model Pendidikan Dan Pelatihan: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana. (2004). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido Offset
Sosial Penyandang Disabilitas Kementerian Sosial RI. (2015). Gangguan Perilaku dan atau Emosional. Diakses dari http:// mediadisabilitas.org/uraian/ind/dataperilaku. (14 Juli 2020)
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Dewi, Santi Utami. (2017). Korelasi Pelatihan Vokasional Dengan Kompetensi Penyandang Disabilitas Alumni Balai Besar Rehabilitasi Vokasional Bina Daksa. Sosio Konsepsia (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial), 2(2),165-182
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Journal of Community Education
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.