Pengelolaan Pembelajaran Pelatihan Menjahit Pada LPK Ikhtiar Kemajuan Kabupaten Subang
Abstrak
Latar belakang masalah penelitian ini adalah tingginya angka pengangguran di Indonesia, membuat masyarakat yang kurang atau bahkan tidak memiliki keterampilan untuk bekerja menjadikan masyarakat sulit untuk mendapatkan pekerjaan, apalagi bagi masyarakat yang sudah melewati batas usia maksimal bekerja. Berdasarkan hal itu LPK Ikhtiar Kemajuan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengikuti pelatihan menjahit. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran pelatihan, dan faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan pembelajaran pelatihan menjahit di LPK Ikhtiar Kemajuan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dlam penelitian ini ada 5 yaitu 1 pengelola, 2 instruktur dan 2 peserta pelatihan. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) pengelolaan pembelajaran pelatihan dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Pengelola melakukan penataan administrasi terhadap sumber daya baik sarana dan prasarana, instruktur, staff, dan dana bagi keberhasilan pelatihan dan (2) Faktor pendukung pelatihan antara lain peserta memiliki semangat belajar yang tinggi dan faktor penghambatnya adalah keterbatasan mesin jahit yang digunakan untuk praktek menjahit. Kesimpulan penelitian adalah LPK Ikhtiar Kemajuan telah berhasil melaksanakan pelatihan menjahit bagi warga masyarakat yang belum memiliki keterampilan menjahit untuk dapat berusaha mandiri atau bekerja di dunia industri. Hingga saat ini LPK Ikhtiar Kemajuan sudah menghasilkan lebih dari 3.500 orang lulusan. Saran dari hasil penelitian ini antara lain dalam pelaksanaan pembelajaran harus memperhatikan perbedaan tingkat kemampuan dan kecepatan belajar peserta pelatihan.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 JoCE (Journal of Community Education)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.