PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI WARGA BELAJAR PAKET C DI PKBM ADITYA KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.35706/joce.v2i2.4106Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran pendidikan karakter bagi warga belajar paket c di pkbm aditya. (2) Mendeskripsikan implementasi nilai utama karakter dalam pembelajaran pendidikan karakter bagi warga belajar paket c di pkbm aditya. (3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran pendidikan karakter bagi warga belajar paket c di pkbm aditya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian dilakukan di PKBM Aditya Karawang. Adapun subyek penelitiannya adalah: (1) Sumber informan: satu pengelola dan satu tutor, (2) Sumber informasi: tiga warga belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan yaitu orientasi, eksplorasi, dan member check. Analisis data menggunakan koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Dalam proses nya diawali dengan menyusun berbagai rencana pembelajaran, memilah nilai karakter apa yang akan diterapkan. Pendidikan karakter dituangkan dalam kegiatan pembelajaran sehingga secara tidak sadar para siswa sedang menerapkan nya. (2) Dalam impelementasi nilai utama karakter pkbm aditya mampu menjalankan nya dengan baik, terlihat dari ke 5 nilai karakter utama semuanya dapat dilaksanakan. (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran pendidikan karakter adanya semangat motivasi siswa untuk menjadi pribadi yang lebih baik namun keterlibatan orangtua dirasa masih kurang karena tidak semua orangtua siswa dapat selalu membimbing dan memantau aktivitas anaknya dirumah.
Unduhan
Referensi
Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Cahyani, Nur.dkk. 2021. Implementasi Pendidikan Karakter melalui Pembiasaan di PAUD Sekolah Alam Ungaran. Jurnal LEJ 1 (1) April 2021 53-65. https://journal.imadiklus.or.id/index.php/lej/article/view/15
Depdiknas.(2004). Buku Acuan Pelaksanaan Pendidikan Program Paket C di PKBM Nurul Islam.
Lexy J.Meleong (2011. Metodelogi Peneletian Kualitattif. Bandung: PT. Remaja Rosadaya
Muhibbinsyah.2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarta
Mustofa Kamil.(2011). Pendidikan Nonformal Pengembangan Melalui PKBM di Indonesia. Bandung: Alfabeta
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 JoCE (Journal of Community Education)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.