Pendekatan Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus Pada Kelas Inklusi di Kelompok Bermain (KB) Nur-Adzkia
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan faktor pendukung sert penghambat pendekatan pembelajaran anak berkebutuhan khusus pada kelas inklusi di Kelompok Bermain (KB) Nur-Adzkia Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus.Data penelitian di peroleh melalui wawancara,observasi,dan dokumentasi.Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif menggunakan model analisis interaktif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan anak berkebutuhan khusus melayani segala kebutuhan peserta didik tanpa memandang segala perbedaan.Hal tersebut dapat dilihat dari ; Komposisi kelas terdiri dari berbagai aspek keberanekaragaman, Setiap peserta didik diberi perlakuan yang sesuai dengan kebutuhannya, PPDB berdasarkan usia anak dan tidak ada tes , Menggunakan kurikulum 2013, dan Pembelajaran mengembangkan aspek : kognitif, bahasa, fisik-motorik, sosial-emosional,dan moral..
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 JoCE (Journal of Community Education)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.