PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PROGRAM PAKET C DI PKBM NURUL ISLAM DESA PASIR MUKTI KECAMATAN TELAGASARI KABUPATEN KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.35706/joce.v2i2.4515Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses dan factor pendukung pembelajaran program Paket C di PKBM Nurul Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah pendidik atau tutor Paket C. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) proses pembelajaran di PKBM Nurul Islam sudah sesuai dengan administratif kurikulum yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),meliputi tahap pendahuluan atau berperan sebagai instruktursional dengan langkah kegiatan mengawali kelas, mendata peserta didik, mengajukan pertanyaan mengenai pelajaran sebelumnya, pelaksanaan pemberian materi, penyesuaian metode pembelajaran yang digunakan lebih banyak ceramah dan media yang digunakan adalah modul dan tahap penutup atau evaluasi yaitu kepada peserta didik, membuat kesimpulan bersama dan menyampaikan materi yang akan dilaksanakan selanjutnya.2) faktor pendukung pembelajaran program Paket C di PKBM Nurul Islam ini yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) nya meliputi pengelola, tutor, warga belajar, lingkungan masyarakat dan dukungan dari keluarga warga belajar tersebut.
Unduhan
Referensi
Abdul Majid.(2013) Strategi Pembelajaran.Bandung : Rosdayakarya
Anwar.(2006). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education). Bandung: Alfabeta. Depdikbud.(2006). Undang –Undang RI Nomor 20 Tahun 2003.Bandung Citra Umbara.
Depdiknas.(2004). Buku Acuan Pelaksanaan Pendidikan Program Paket C di PKBM Nurul Islam.
Lexy J.Meleong (2011. Metodelogi Peneletian Kualitattif. Bandung: PT. Remaja Rosadaya
Muhibbinsyah.2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarta
Mustofa Kamil.(2011). Pendidikan Nonformal Pengembangan Melalui PKBM di Indonesia. Bandung: Alfabeta
Oemar Hamalik.(2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta. PT Dwi Aksara
Saleh Marzuki (2010) Pendidikan Nonformal Dimensi Dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan dan Andragogi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sardiman.(2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Gravindo Perkasa
Sudjana.(2004).Pendidikan Normatif (Pendidikan Luar Sekolah) Bandung : Falah Production
Suharsini Arikunto.(2010).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: PT. Remaja Rsodakarya.
Sugiyono.(2011) Metode penelitian Pendekatan Kuantitatif , Kualitatif dan R & D. bandung : Alfabeta
Saeful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Umberto Sihombning. (1999) Pendidilan luar sekolah kini masa depan. Jakarta: PD. Mahkota
Waluyo Adi.(2000).Buku Pegangan Perencanaan Pembelajaran – Pembelajran Yogyakarta
Yunia Wati.(2012) Pelaksanaan Pembelajaran Kreatif Melalui Pemanfaatan Media Audio Visual di Pendidikan Anak Sosial Belajar Daerah.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 JoCE (Journal of Community Education)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.