PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PROGRAM PAKET C DI PKBM NURUL ISLAM DESA PASIR MUKTI KECAMATAN TELAGASARI KABUPATEN KARAWANG

Penulis

  • Asep Solihin Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/joce.v2i2.4515

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses dan factor pendukung pembelajaran  program Paket C di PKBM Nurul Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah pendidik atau tutor Paket C. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) proses  pembelajaran di PKBM Nurul Islam sudah sesuai dengan administratif kurikulum yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),meliputi tahap pendahuluan atau berperan sebagai instruktursional dengan langkah kegiatan mengawali kelas, mendata peserta didik, mengajukan pertanyaan mengenai pelajaran sebelumnya, pelaksanaan pemberian materi, penyesuaian metode pembelajaran yang digunakan lebih banyak ceramah dan media yang digunakan adalah modul dan tahap penutup atau evaluasi yaitu kepada peserta didik, membuat kesimpulan bersama dan menyampaikan materi yang akan dilaksanakan selanjutnya.2) faktor pendukung pembelajaran program Paket C di PKBM Nurul Islam ini yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) nya meliputi pengelola, tutor, warga belajar, lingkungan masyarakat dan dukungan dari keluarga warga belajar tersebut.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdul Majid.(2013) Strategi Pembelajaran.Bandung : Rosdayakarya

Anwar.(2006). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education). Bandung: Alfabeta. Depdikbud.(2006). Undang –Undang RI Nomor 20 Tahun 2003.Bandung Citra Umbara.

Depdiknas.(2004). Buku Acuan Pelaksanaan Pendidikan Program Paket C di PKBM Nurul Islam.

Lexy J.Meleong (2011. Metodelogi Peneletian Kualitattif. Bandung: PT. Remaja Rosadaya

Muhibbinsyah.2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarta

Mustofa Kamil.(2011). Pendidikan Nonformal Pengembangan Melalui PKBM di Indonesia. Bandung: Alfabeta

Oemar Hamalik.(2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta. PT Dwi Aksara

Saleh Marzuki (2010) Pendidikan Nonformal Dimensi Dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan dan Andragogi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sardiman.(2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Gravindo Perkasa

Sudjana.(2004).Pendidikan Normatif (Pendidikan Luar Sekolah) Bandung : Falah Production

Suharsini Arikunto.(2010).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: PT. Remaja Rsodakarya.

Sugiyono.(2011) Metode penelitian Pendekatan Kuantitatif , Kualitatif dan R & D. bandung : Alfabeta

Saeful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Umberto Sihombning. (1999) Pendidilan luar sekolah kini masa depan. Jakarta: PD. Mahkota

Waluyo Adi.(2000).Buku Pegangan Perencanaan Pembelajaran – Pembelajran Yogyakarta

Yunia Wati.(2012) Pelaksanaan Pembelajaran Kreatif Melalui Pemanfaatan Media Audio Visual di Pendidikan Anak Sosial Belajar Daerah.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-21

Cara Mengutip

Solihin, A. (2023). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PROGRAM PAKET C DI PKBM NURUL ISLAM DESA PASIR MUKTI KECAMATAN TELAGASARI KABUPATEN KARAWANG. JoCE (Journal of Community Education), 2(2), 6–10. https://doi.org/10.35706/joce.v2i2.4515

Terbitan

Bagian

Artikel