PERAN TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK JALANAN PADA LEMBAGA CAHAYA ANAK NEGERI KOTA BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.35706/joce.v2i2.4550Abstrak
Peran Tutor Dalam Menigkatkan Motivasi Belajar Anak Jalanan Pada Cahaya Anak Negeri. Salah satu peranan yaitu sebagai motivator bagi anak didik yang merupakan anak jalanan yang terenal akan kehidupan yang bebas dan berwatak keras. Tujuan untuk mengetahui proses, hasil proses, dan hambatan selama proses peningkatan motivasi belajar anak jalanan yang dilakukan tutor. Konsep Chairudin (dalam Pratama, 2016:3) mengatakan bahwa “Tutor adalah orang yang membelajarkan atau orang yang memfasilitasi proses pembelajaran di kelompok belajar.” Metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Subyek terdiri dari 1 orang tutor dan 2 orang anak jalanan. Hasil meliputi proses, hasil dari proses, dan hambatan-hambatan yang dialami oleh tutor selama proses berlangsung. Pembahasan proses pengingkatan motivasi belajar dilakukan berdasarkan teori motivasi hedonisme dan teori motivasi kebutuhan, metode pembelajaran sesuai dengan teori belajar behavioristik dan teori belajar humanistik. Hasil dari proses terdiri dari aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotor. Hambatan-hambatan dialami oleh tutor meliputi faktor internal yang berasal dari dalam diri anak jalanan dan faktor ekstrnal yang berupa lingkungan. Kesimpulan pada proses dilakukan berlandaskan teori motivasi dan teori belajar, hasil proses terdiri dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor, hambatan terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Saran agar memberikan masukan positif lebih intens lagi. Tetap berfokus pada pengembangan diri.
Kata Kunci: Peran Tutor, Motivasi Belajar, Anak Jalanan
Unduhan
Referensi
Armita, P. (2016). Meningkatkan Kesejahteraan Sosial ANak Jalanan Dengan Teori Self Esteem. Jurnal PKS UIN Sunan Kalijaga, 377-386.
Husdarta, J. S. (2018). Psikologi Olahraga. Bandung: Alfabeta.
Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Pratama, D. F. (2016). Peran Tutor Dalam Memotivasi Belajar Klien Reguler Di UPT Rehabilitasi Sosial Anak Nakal Surabaya. Universitas Negeri Surabaya, 1-9.
Rachmawati, T. (2015). Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Gava Media.
Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suyanto, B. (2010). Masalah Sosial Anak. Jakarta: Prenada Media Group.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 JoCE (Journal of Community Education)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.