TINJUAN LITERATUR: IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI IPA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v12i2.11097Abstract
Tujuan penelitan ini adalah untuk memberikan kajian dan ulasan tentang implementasi model-model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi IPA sekolah dasar. Penelitian ini merupakan studi literatur. Teknik yang digunakan adalah teknik purporsive sampling melalui google scholar. Sampel dalam penelitian berupa artikel memiliki relevansi dengan kata kunci model pembelajaran, kemampuan berpikir kritis, IPA sekolah dasar di Indonesia tahun 2020-2023. Metode yang digunakan adalah analisis terdiri dari beberapa indikator antara lain 1) Daftar artikel; 2) Jenis penelitian; 3) Subjek penelitian; 4) Analisis Hasil Penelitian. Hasil penelitian diperoleh 11 artikel yang relevan dengan Masing-masing 4 artikel SINTA 5, 6 artikel SINTA 4 dan 1 artikel SINTA 3. Jenis penelitian yang digunakan hanya peneltian kuantitatif sebanyak 4 dan penelitian tindakan kelas sebanyak 7. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas tinggi yaitu sebanyak 10 di kelas V sisanya di kelas IV sebanyak 1 penelitian. Terakhir setelah dilakukan analisis hasil artikel penelitian menunjukkan bahwa 11 model pembelajaran dapat berpengaruh dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi IPA sekolah dasar.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.