TINGKAT KEPUASAN PESERTA PELATIHAN BAHASA JEPANG PADA KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v12i2.11345Abstract
Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner/angket penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling pada 25% populasi (125 orang) yakni sampel sebanyak 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta pelatihan bahasa jepang merasa puas dengan kualitas pelayanan pendidikan yang ada. Hal ini dibuktikan dengan perolehan persentase rata-rata kepuasan sebesar 87,4% yang artinya berada pada kategori “Sangat Puas”. Maka dapat dikatakan bahwa LPK Seiko Sukapura Indonesia telah memberikan kualitas pelayanan yang memuaskan bagi peserta pelatihan bahasa Jepang. Dalam hal ini, lembaga telah menyediakan sarana dan prasarana pendukung, memberi kemudahan akses pelatihan, pengelolaan pembelajaran yang mumpuni, memberikan respon terhadap permintaan dan keluhan peserta, kejelasan dalam memberikan informasi, menciptakan rasa aman bagi peserta saat bertransaksi dengan lembaga, memberikan jaminan ketercapaian dan legalitas pelayanan, instruktur dan tenaga kependidikan senantiasa ramah dan sopan secara konsisten, serta lembaga mampu melakukan pendekatan secara personal kepada masing-masing peserta pelatihan. Dapat dikatakan demikian karena persepsi peserta pelatihan bahasa jepang pada kualitas pelayanan menunjukkan kesetujuan pada pernyataan-pernyataan pengukuran kualitas pelayanan pendidikan yang diukur berdasarkan dimensi-dimensi kualitas pelayanan.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.