MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI MODIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v6i1.1205Abstract
Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan passing bawah bola voli siswa kelas V SDN 5 Cibadak Kabupaten Sukabumi, dengan jumlah 37 siswa. Penelitian tindakan ini menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari dua siklus. Dalam pembelajaran passing bawah ini menggunakan modifikasi media pembelajaran berupa alat yang dimodifikasi; tali karet, bola basket dan cones, bola plastik, bola karet, dan media tong besar untuk mecapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Data dikumpulkan melalui pengamatan observer berupa hasil belajar; catatan lapangan; dan dokumen selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah dilakukan tindakan menggunakan modifikasi media pembelajaran pada siklus I diperoleh hasil 64,86%,. dengan jumlah 24 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), dan 35,14% dari 13 siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Dengan nilai rata-rata mencapai 68. Pada siklus II diperoleh hasil 83,78%, dengan jumlah 31 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), dan 16,22% dari 6 siswa yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Dengan nilai rata-rata mencapai 83. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan modifikasi media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan passing bawah bola voli siswa kelas V SDN 5 Cibadak Kabupaten Sukabumi.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2018-03-29
Issue
Section
Artikel