IMPLEMENTASI DESAIN PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN KEBERMAKNAAN BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v6i2.1792Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil dan kebermaknaan belajar siswa melalui implementasi desain pembelajaran tematik integratif berbasis karakter. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Stringer yang dilakukan dalam dua siklus dengan tahap look, think, dan act. Instrumen pengumpulan data menggunakan instrumen soal, angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Salatiga 03. Analisis data dilakukan dengan deskripsi komparatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil dan kebermaknaan belajar siswa. Hal ini ditunjukkan pada ketuntasan hasil belajar tematik pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia, IPS, dan PPKn secara berturut-turut pada siklus I 79%, 70%, dan 73%. Selanjutnya meningkat pada siklus II yaitu 88%, 76%, dan 79%. Hasil kebermaknaan belajar siswa pada kategori sangat bermakna pada siklus I sebesar 76% dan meningkat pada siklus II sebesar 88%. Dengan demikian implementasi pembelajaran tematik integratif berbasis karakter dapat meningkatkan hasil dan kebermaknaan belajar siswa kelas IV SDN Salatiga 03.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2018-11-21
Issue
Section
Artikel