MODEL KEPEMIMPINAN SEKOLAH BERKARAKTER UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIDIKAN

Authors

  • Bambang Ismaya

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v3i1.204

Abstract

Pengelolaan  sekolah merupakan hal urgen terutama  di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran kepemimpinan sekolah berkarakter untuk meningkatkan mutu pendidikan. Mengetahui iklim sekolah dan efektifitas sekolah serta menganisis pengaruh secara parsial maupun simultan terhadap efektifitas sekolah. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan metode survey dan angket sebagai instrumennya, populasi 30  SDN,  sampel 95 guru di kecamatan di kecamatan Karawang Barat. Hasil penelitian menunjukan bagaimana gambaran kepemimpinan sekolah berkarakter untuk meningkatkan mutu pendidikan. Temuan penelitian yaitu peran pemimpin sekolah sebagai pemrakarsa inovatif, kreatif dan berkarakter perubahan/ kemajuan pendidikan, minat profesional guru, dukungan orang tua, motivasi siswa masih rendah. Rekomendasi untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan pemimpin sekolah memfungsikan wadah MGMP tumbuhkan komitmen dan dedikasi tinggi sebagai guru profeesional, orang tua menjadi mitra sekolah, dan pelaksanaan program diklat dan PKB bagi kepala sekolah dan guru oleh Dinas Pendidikan Kecamatan Karawang Barat.

Kata kunci: Kepemimpinan, Mutu Pendidikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, R. (2005). Memahami Metodologi Penelitian Kualitatif. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang (UM Press)

Chulsum, U., dkk.. (2009). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya: Kashiko.

Herbudin. (2009). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Hadi,S.(2000). Metodologi Reseach Jilid II. Yogyakarta : Andi Offset.

Hamka, A. A. (2011). Pendidikan Karakter Berpusat pada Hati. Jakarta: Al-Mawardi Prima.

Imron, A. (1995). Pembinaan Guru di Indonesia. Jakarta: PT. Dunia Pustaka Jaya

Lipoto, B. (1988). Pengantar Manajemen. Jakarta: Depdikbud.

Machali, I. (2012). Manajemen Pendidikan. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Pidarta, M. (2009). Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta: Rineka Cipta.

Subagyo, P. J. (2004). Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sujana, N. (1992). Menyusun Karya Tulis Ilmiah, Untuk Memperoleh Angka Kredit. Bandung: Sinar Baru.

Suyadi. (2012). Buku Panduan Guru Profesional Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Diva Press

Wahyusumidjo, (2001). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Zulkifli. (2006). Manajemen Sistem Informasi. Jakarta: Garamedia Pustaka Utama.

Published

2015-03-01