PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN DAN PENGUASAAN KOSA KATA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PESERTA DIDIK: EKSPERIMEN UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG

Authors

  • Mansyur Srisudarso

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v3i2.209

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh teknik pembelajaran dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan berbicara Bahasa Inggris di Universitas Singaperbangsa Karawang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Semester VII Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Singaperbangsa Karawang. Sedangkan untuk sampelnya diambil secara acak sebanyak 60 mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dua faktor yaitu faktor teknik pembelajaran menggunakan sosiodrama dan teknik konvensional dan faktor kemampuan kosakata bahasa Inggris. Data tentang penguasaan kosa kata dan kemampuan berbicara bahasa inggris diperoleh dengan menggunakan tes, yang sebelumnya telah diuji tingkat validitas dan reliabilitas. Hasil analisis deskriptif data kelas eksperimen (A1) mempunyai rata-rata nilai 12,130 jauh lebih besar dibandingkan kelas kontrol (A2) dengan nilai rata-rata 24,345. Secara deskriptif menunjukkan bahwa eksperimen dapat dinyatakan berhasil. Pengujian  ketiga hipotesis menggunakan ANOVA (analysis on variance) diperoleh nilai sig = 0,493 pada teknik pembelajaran sosiodrama dan kemampuan kosa kata bahasa Inggris, namun pada interaksi teknik pembelajaran sosiodrama dan penguasaan kosa kata diperoleh nilai sig = 0,001 artinya hipotesis satu yaitu terdapat pengaruh teknik pembelajaran sosiodrama terhadap kemampuan berbicara bahasa inggris dan hipotesis kedua yaitu terdapat pengaruh penguasaan kosa kata terhadapat kemampuan berbicara bahasa Inggris diterima. Namun hipotesis ketiga yaitu terdapat pengaruh teknik pembelajaran sosiodrama dan kemampuan kosa kata terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris ditolak.

Kata Kunci: Tehnik Pembelajaran, Penguasaan Kosa Kata, Kemampuan Berbicara Peserta Didik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwasilah, A. (1993). Linguistik Suatu Pengantar. Bandung: Angkasa.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Sebagai suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Brown, H.D. (2005). Teaching by Principles: An interactive Approach to Language Pedagogy. New Jersey: Prentice Hall Regents.

David Haris. (1979). Testing Speaking as a Second Language. New York: Hill Book Company.

Irwan, D. (2003). Pintar Percakpan Bahasa Inggris. Surabaya: Amanah.

Scharpf, F. W. (1989). Epistemic Logic and the Theory of Games and decisions. New York: Kluwer Academic Publisher

Fraenkel, J.R., Wallen, N.E., and Hyun, H.H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. United States (New York): McGraw-Hill Companies., Inc

Hornbury, A.S. (1995). Oxford Advanced Learner’s Dictionary. New York: Oxford University Press.

Harmer, J. (2002). How to Teach Vocabulary. Englan: Longman.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. 2006. Jakarta: Depdiknas.

Jack C. Richards and Theodore S. Rodgers. (1986). Approaches and Methods in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University.

Katherine, H., and Pyton, G. (1989). Heinemann English Dictionary. New Edition. Oxford: Heineman Educational.

Lado, R. (1964). Language Teaching: A Scientific Approach. USA: McGram-Hill, Inc.

Notion, P. (1990). Teaching and Learning Vocaburay. Boston: Heinle

& Heince Publisher.

Orlova. (2002). The Role of Academic Self concept and Interest. London: Schoepp Ltd.

Read, J. (2000). Vocabulary Assessment. Cambridge: Cambridge University Press.

Rhori, J. (1989). Speaking & Listening. London: John Murry Published Ltd.

Schmitt, N. (2000). Vocabulary in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Sevilla, C, dkk. (2006). Pengantar Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Indonesia.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: AlfaBeta.

Southgate, Vera. (1972). Literacy at all levels. Manchester : Ward Lock Educational.

Swan, M. (1995). Practical English Usage. Hongkong: Trade Spool Ltd.

Tarigan, H.G. (1988). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Uno, H.B. (2008).Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Varet, G. (1985). Games Real Actor Play. New York: Kluwer Academic Publisher.

Waluyo, H. J. (2001). Drama Teori dan Pembelajarannya. Yogyakarta: PT Hanindita Graha Widya

Weaver, A. T. (1959). The Teaching of Speech. New Jersey: Prentice Hall Regents.

Journals :

Baker, Scott K., et al.(1995). Vocabulary Acquisition: Curricular and Instructional Implications for Diverse Learner Technical Report. 386(861). Eugene, OR: National Center to Improve the Tools of Educators

Bear, Donald R., et al. (1996). Words Their way: Word Study for Phonics, Vocabulary, and Spelling Instruction. 386 (685). New York: Merrill.

Hodapp, Joan B., and Hodapp, Albert F.(1996). Vocabulary Packs and Cued Spelling: Intervention Strategies. Paper Presented at the Annual Convention of the National Association of School Psychologists. 396(271). Atlanta.

Published

2015-11-01