PENERAPAN TAPPS DISERTAI HYPNOTEACHING (HYPNO-TAPPS) DALAM MENINGKATKAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v4i1.232Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran TAPPS disertai hypnoteaching (hypno-TAPPS) dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain kelompok kontrol non-ekuivalen, dengan populasi siswa kelas VIII salah satu SMPN Kota Padang. Satu kelas sebagai kelompok kontrol yang memperoleh pembelajaran konvensional dan satu kelas lainnya sebagai kelompok eksperimen yang memperoleh pembelajaran Hypno-TAPPS. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini yaitu angket dan lembar observasi. Lembar observasi digunakan untuk menghitung persentase aktivitas guru dan siswa dalam setiap pertemuan, setelah itu diolah secara deskriptif dan hasilnya dianalisis melalui laporan esai yang menyimpulkan kriteria dan karakteristik serta proses yang terjadi dalam pembelajaran. Analisis statistik yang digunakan untuk menguji peningkatan disposisi matematis siswa pada angket adalah independent sample t-test. Hasil dari uji–t tersebut menemukan bahwa perbedaan rata-rata peningkatan disposisi matematis siswa pada kelas eksperimen tidak lebih baik dari kelas kontrol. Artinya, pembelajaran TAPPS disertai hypnoteaching tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan disposisi matematis.
Kata Kunci : Hypno-TAPPS dan Disposisi Matematis
Downloads
References
Akhmad, S.D., Suyadi, G., dan Nurhanurawati. (2012). Efektivitas Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving dalam Meningkatkan Kemampuan Analisis Matematis Siswa. Journal Pendidikan Matematika. 1, (3), 82-84
Edistria, E. (2012). Pengaruh Penerapan Hypnoteaching dalam Problem Problem – Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Tesis pada Magister pada SPs UPI. Bandung: tidak diterbitkan
Gagne, R.M. (1974). The Condition of Learning. New York: Holt. Rinehart and Winston.
Hajar, I. (2011). Hypnoteaching: Memaksimalkan Hasil Proses Belajar Mengajar dengan Hipnoterapi. Yogyakarta: Diva Press
Hartman. (1998). Improving Student’s Problem Solving Skills. [Online]. Tersedia http://ccny.cuny.edu/ctl/handbook/hartman.html[1 Januari 2006]
Katz, L. G. (2009). Dispositions as Educational Goals. [Online]. Tersedia: http://www.edpsycinteractive.org/files/edoutcomes.html. [16 Maret 2009]
Musanif, M. (2007). Problem Solving, Suatu Pendekatan dalam Perencanaan Manajemen Organisasi. [Online]. Tersedia: http://musriadi.multiply.com/journal/item/37/(1 Juni 2009)
NCTM. (2000). Principles and Standards with The Learning From Assesment Materials. Virginia: NCTM. Inc.
_______. (1991). Evaluation of Teaching: Standard 6: Promoting Mathematical Disposition.[Online].Tersedia:http://www.fayar.net/east/teacher.web/math/Standards/previous/ProfStds/EvTeachM6.htm. [5 November 2008]
_______. (1989). Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Virginia: NCTM, Inc.
Noer, M. (2010). Hypnoteaching for Success Learning. Yogyakarta: Pedagogia.
Ruseffendi, E.T. (2005). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.
Sukaesih, E. (2009). Efektivitas Penggunaan Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Lembang. [Online]. Tersedia: http://terasafit.wordpress.com/2009/01/26/strategi-belajar-thinking-aloud-pair-problem-solving-2/. [25 Januari 2013]
Stewart, P., dan Davis, S. (2005). Developing Disposition of Preservice Teachers Through Membership in Profesional Organization. Dalam Journal of Authentic Learning. [Online]. Volume 2 (1), 10 halaman. Tersedia: http://www.oswego.edu/academics/colleges_and_departmen/education/jal/vol2no1/v2n1%204th%20Stewart%20Davis%Dispositions%20of%20Preservice%20Teachers.doc. [3 Juni 2008]
Stice, J.E. 1987. Teaching Problem Solving. [online ] http://www. csi.unian.it/educal/problemsolving/stices_ps.htm(diakses 25 Oktober 2014).
Sumarmo, U.(2012). “Pendidikan karakter Serta Pengembangan Berfikir dan Disposisi Matematik dalam pembelajaranâ€. Makalah disajikan dalam Seminar Pendidikan Matematika di NTT Tanggal 25 Februari 2012
Whimbey, A., dan Lochlead, J. (1987). Problem Solving dan Comprehensim Edisi ke Enam. USA: Lawrense Erlbaun Associates, Inc.