PEMBELAJARAN DALAM MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v9i1.4313Abstract
Latar belakang dilakukannya penelitian adalah untuk mendalami permasalahan permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran selama pandemi Covid-19 dengan tujuan untuk mengetahui 1) bagaimana implementasi pembelajaran pada masa pandemi Covid-19, dan 2) apa saja hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan melakukan kajian terhadap penelitian terdahulu. Data yang dianalisis dalam penelitian diperoleh melalui halaman Google Scholar dengan kata kunci “Covid-19 dan pendidikan”. Penelusuran pada halaman google scholar merujuk pada 6 jurnal yang memenuhi kriteria penelitian. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan beberapa hal diantaranya: 1) pembelajaran daring merupakan upaya terbaik yang dapat dilakukan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 khususnya dibidang pendidikan, 2) Pembelajaran daring dapat dilakukan dengan menggunakan beragam aplikasi berbasis internet seperti WhatsApp Group, Zoom Cloud Meeting, Google Classroom, Google Form, Quipper, e-mail dan lain sebagainya, 3) kendala yang dihadapi dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran daring diantaranya masih minimnya sarana dan prasarana penunjang, layanan internet yang tidak stabil, membutuhkan kuota yang cukup besar, belum meratanya sumberdaya manusaia yang menguasai tekhnologi dengan baik, komunikasi dalam proses pembelajaran tidak berjalan dengan baik, terbatasnya metode pembelajaran yang diterapkan dalam kegiatan belajar, serta minimnya pengawasan terhadap perkembangan peserta didik.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2021-03-30 (2)
- 2021-03-30 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.