MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA MELALUI TEKNIK SKEMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 31 MERANGIN

Authors

  • Muhibul Fahmi STKIP YPM BANGKO

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v10i2.4879

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses dan hasil peningkatan membaca pemahaman dengan menggunakan teknik skema siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Merangin. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 31 Merangin dengan menggunakan dua siklus. Obyek penelitian ini adalah kemampuan membaca pemahaman dalam menemukan masalah pada teks berita. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Merangin berjumlah 22 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan menggunakan teknik skema dapat meningkatkan proses dan hasil belajar membaca pemahaman dalam menemukan masalah pada teks berita siswa kelas VIII SMP 31 Merangin. Ketuntasan hasil belajar siklus I menunjukkan peningkatan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 70%, sedangkan hasil hasil belajar sebesar 73% siswa yang tuntas. Pada siklus II terjadi peningkatan untuk aktivitas belajar siswa sebesar 87,25%, sedangkan hasil belajar siswa meningkat menjadi 92,5% dari jumlah siswa kelas VIII SMP 31 Merangin sebanyak 22 orang. Dengan peningkatan tersebut, maka teknik skema sangat tepat dan cocok untuk diterapkan pada materi pembelajaran membaca pemahaman dalam menemukan masalah pada teks berita.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-11-30