PENGARUH PANDEMI COVID-19 TERHADAP KUALITAS PENDIDIKAN DI SDN SARKAMAL SITURAJA
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v10i2.5925Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran daring, faktor pendukung serta faktor Penghambat guru dalam melaksanakan pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sarkamal Situraja Indramayu dengan menggunakan jenis penelitian metode kualitatif deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa di SDN Sarkamal. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian berupa wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah pandemi Covid-19 membawa dampak yang sangat besar terhadap proses pembelajaran dan penjaminan mutu pendidikan. Pembelajaran yang biasanya dilaksanakan secara tatap muka dialihkan menjadi pembelajaran daring. Ada beberapa faktor pendukung guru dalam proses pembelajaran daring yaitu ketersediaannya handphone, kuota dan jaringan internet yang stabil. Selain adanya faktor yang mendukung terdapat juga beberapa faktor penghambat. Faktor penghambat tersebut diantaranya adalah belum semua peserta didik memiliki handphone dan masih banyak orang tua sibuk bekerja dan faktor lainnya adalah jangkauan signal. Pembelajaran daring dilakukan dengan berbagai cara diantaranya Zoom Meeting, WAG, Classroom, dan lain sebagainya.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.