PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SDN KARANGWUNGU
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v10i2.6683Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran IPS melalui pendekatan kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas IV SDN Karangwungu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Karangwungu sebanyak 25 orang. Data hasil belajar siswa dikumpulkan tes tertulis. Data hasil belajar siswa yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa Kelas IV SDN Karangwungu. Hasil belajar IPS siswa mengalami peningkatan dari prasiklus ke siklus I nilai rata rata sebanyak 6,43, dari prasiklus ke siklus II nilai rata-rata sebanyak 6,76, dan dari prasiklus ke siklus III nilai rata-rata sebanyak 7,43. Hasil analisis data tersebut menunjukkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN Karangwungu. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.