PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM-PJBL DALAM MENGURANGI POTENSI LEARNING LOSS DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v11i1.8312Abstract
Tujuan penelitian ini untuk (1) menguji efektivitas penurunan potensi learning loss setelah diberi penerapan model pembelajaran flipped classroom-PjBL (2) menguji efektivitas peningkatan hasil belajar mahasiswa setelah diberi penerapan model pembelajaran flipped classroom-PjBL. Subjek uji penerapan model pembelajaran flipped classroom-PjBL merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Jambi pada mata kuliah penilaian proses dan hasil belajar kimia kelas A tahun akademik 2022/2023. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan rancangan one-group pretest-posttest design. Pengambilan data diperoleh dengan teknik angket dan soal. Teknik angket digunakan untuk mengumpulkan data potensi learning loss mahasiswa pada mata kuliah penilaian proses dan hasil belajar kimia sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran flipped classroom-PjBL. Teknik soal dalam penelitian ini terdiri dari soal hasil belajar mahasiswa. Soal hasil belajar yang diberikan telah dilakukan uji validasi secara logis yang dipenuhi dengan menyusun kisi-kisi soal dan rubrik penilaian. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan paired samples t test. Hasil penelitian adalah (1) terdapat penurunan yang signifikan terhadap potensi learning loss setelah diberi penerapan model pembelajaran flipped classroom-PjBL (2) terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa setelah diberi penerapan model pembelajaran flipped classroom-PjBL.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.