HUBUNGAN ANTARA SENSE OF HUMOR GURU DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v11i2.8447Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara sense of humor guru dan minat belajar matematika siswa dengan kemampuan pemahaman matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode expost facto. Populasi sekaligus sampel pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII MTs. Al-Muhajirin Bantargebang sebanyak 23 orang dengan teknik pengambilan sampel adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan tes. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan korelasi kendall tau, dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara sense of humor guru dengan kemampuan pemahaman matematis siswa dengan dan kekuatan hubungan antar variabel yang ditunjukkan oleh koefisien determinasi sebesar 30%. Kemudian terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar matematika siswa dengan kemampuan pemahaman matematis siswa dengan dan kekuatan hubungan antar variabel yang ditunjukkan oleh koefisien determinasi sebesar 34%. Kemudian terdapat hubungan yang signifikan antara sense of humor guru dan minat belajar matematika siswa dengan kemampuan pemahaman matematis siswa dengan dan kekuatan hubungan antar variabel yang ditunjukkan oleh koefisien determinasi sebesar 56%. Sedangkan sumbangan sisa persentase lainnya diperoleh dari faktor lain yang belum diketahui.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.