MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v11i2.8463Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat belajar matematika siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Karawang. Subjek penelitian ini yaitu sebanyak 37 siswa. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini ialah instrumen non-tes yang berupa angket dengan 34 pernyataan yang didalamnya memuat pernyataan positif dan pernyataan negatif. Instrumen angket yang digunakan berdasarkan 4 indikator minat belajar siswa yaitu perasaan senang, perhatian, ketertarikan, dan ketertiban sistem. Hasil penelitian menyatakan bahwa hampir seluruhnya siswa memiliki perasaan senang dalam pembelajaran matematika dan juga hampir seluruhnya siswa menunjukkan perhatian saat belajar matematika. Rata-rata persentase data angket secara keseluruhan didapatkan sebesar 40% yang berarti bahwa hampir setengahnya siswa SMP pada salah satu sekolah di Kabupaten Karawang memiliki minat belajar matematika.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.