https://journal.unsika.ac.id/judika/issue/feed JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) 2024-11-04T17:27:44+07:00 Dr. Mokhammad Ridwan Yudhanegara mridwan.yudhanegara@staff.unsika.ac.id Open Journal Systems <div style="border: 2px #2e318b solid; padding: 10px; background-color: #f0f0f0; text-align: left;"> <ol> <li>Journal Title:<a href="https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/index"> <strong>JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)</strong></a> </li> <li>Initials: <strong>JUDIKA</strong></li> <li>Abbreviation: <strong>j.pendidik.unsika</strong></li> <li>Frequency: <a href="https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/issue/archive" target="_blank" rel="noopener"><span class="Y2IQFc" lang="en"> 2 issues per year (Maret &amp; November) </span></a></li> <li>DOI: Prefix 10.35706 by <em><strong>Crossref</strong></em></li> <li>Online ISSN: <strong><a title="2528-6978" href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1471927316" target="_blank" rel="noopener">2528-6978</a></strong></li> <li>Print ISSN: <strong><a title="2338-2996" href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1471927316" target="_blank" rel="noopener">2338-2996</a></strong></li> <li>Editor in Chief: <strong>Dr. Mokhammad Ridwan Yudhanegara<br /></strong></li> <li>Email: journal.judika@unsika.ac.id</li> <li>Publisher: <a href="https://fkip.unsika.ac.id/"><strong>Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Singaperbangsa Karawang</strong></a></li> <li>Index by: <a title="Crossref" href="https://search.crossref.org/?q=2528-6978&amp;from_ui=yes"><strong><em>Crossref</em></strong></a>, <em><strong><a title="Akreditasi Sinta 4" href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/306" target="_blank" rel="noopener">Sinta</a></strong></em>, <em><strong><a title="Garuda" href="https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/15028" target="_blank" rel="noopener">Garuda</a></strong></em>, <a title="Profile Google Scholar Speed" href="https://scholar.google.com/citations?user=EAGAOcgAAAAJ&amp;hl=en" target="_blank" rel="noopener"><em><strong>Google Scholar</strong></em></a>, <a href="https://journals.indexcopernicus.com/search/details?id=69826" target="_blank" rel="noopener"><strong><em>Index Copernicus</em></strong></a></li> </ol> </div> <div> </div> <div>JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) merupakan jurnal ilmiah dengan konten jurnal meliputi tulisan hasil penelitian atau kajian teoretis pada bidang pendidikan secara umum.</div> https://journal.unsika.ac.id/judika/article/view/11247 PENERAPAN METODE DISKUSI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH PADA SISWA MI ISLAMIYAH SUMBERASIH PROBOLINGGO 2024-03-21T13:21:39+07:00 Devy Habibi Muhammad hbbmuch@gmail.com Fitri Kurnia fitri.kurnia@gmail.com Hani Nafi’ah Rachmawati hn.rachmawati@gmail.com <p>Jurnal ini membicarakan usaha untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI di MI Islamiyah Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo. Permasalahan yang diteliti adalah bagaimana metode diskusi diterapkan dalam mata pelajaran Fiqih di Kelas VI MI Islamiyah, dan apakah penggunaan metode diskusi tersebut dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Fiqih di Kelas VI MI Islamiyah. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah tingkat prestasi belajar siswa yang masih rendah atau belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal, yaitu 70. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas untuk memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa meningkat ketika metode diskusi diterapkan dari siklus 1 ke Siklus 2. Pada Siklus 1, 14 siswa atau sekitar 66,67% mencapai ketuntasan, sedangkan pada Siklus 2, prestasi belajar meningkat menjadi 19 siswa atau sekitar 90,48% yang mencapai ketuntasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode diskusi efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, berdasarkan temuan penelitian, disarankan agar guru mengadopsi metode diskusi dalam pembelajaran, yang dapat disesuaikan dengan materi yang cocok untuk diterapkan dengan metode diskusi.</p> 2024-11-04T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) https://journal.unsika.ac.id/judika/article/view/11108 PENGEMBANGAN MEDIA E-KOMIK MATERI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT TENTANG PEMELIHARAAN KESEHATAN PENYAKIT MENULAR DBD UNTUK PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR 2024-04-01T13:10:21+07:00 Feri Budi Setyawan feribudisetyawan@webmail.uad.ac.id Dwika Priya Hadi Kusuma dwika2000005270@webmail.uad.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari media e-komik materi PHBS tentang pemeliharaan kesehatanp menular DBD untuk peserta didik kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian <em>research and development </em>dengan menggunakan metode pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu <em>analysis, design, development, implementation, </em>dan <em>evaluation. </em>Adapun teknik pengumpulan data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media e-komik yang dikembangkan mendapatkan penilaian dari validator ahli media memperoleh nilai 95 dengan kategori “sangat baik”, hasil penilaian validator ahli materi 77 dengan kategori “baik”, hasil penilaian dari validator ahli bahasa 88 dengan kategori “sangat baik” dan hasil penilaian dari peserta didik memperoleh nilai 100 dengan kategori “sangat layak”, sehingga dapat disimpulkan bahwa media e-komik PHBS pada pemeliharaan ksehatan penyakit menular DBD untuk peserta didik kelas V sekolah dasar yang telah dikembangkan mampu digunakan untuk peserta didik.</p> 2024-11-04T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) https://journal.unsika.ac.id/judika/article/view/11097 TINJUAN LITERATUR: IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI IPA SEKOLAH DASAR 2024-09-06T15:02:46+07:00 Conny Dian Sumadi conny.diansumadi@trunojoyo.ac.id <p>Tujuan penelitan ini adalah untuk memberikan kajian dan ulasan tentang implementasi model-model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi IPA sekolah dasar. Penelitian ini merupakan studi literatur. Teknik yang digunakan adalah teknik <em>purporsive sampling</em> melalui <em>google scholar</em>. Sampel dalam penelitian berupa artikel memiliki relevansi dengan kata kunci model pembelajaran, kemampuan berpikir kritis, IPA sekolah dasar di Indonesia tahun 2020-2023. Metode yang digunakan adalah analisis terdiri dari beberapa indikator antara lain 1) Daftar artikel; 2) Jenis penelitian; 3) Subjek penelitian; 4) Analisis Hasil Penelitian. Hasil penelitian diperoleh 11 artikel yang relevan dengan Masing-masing 4 artikel SINTA 5, 6 artikel SINTA 4 dan 1 artikel SINTA 3. Jenis penelitian yang digunakan hanya peneltian kuantitatif sebanyak 4 dan penelitian tindakan kelas sebanyak 7. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas tinggi yaitu sebanyak 10 di kelas V sisanya di kelas IV sebanyak 1 penelitian. Terakhir setelah dilakukan analisis hasil artikel penelitian menunjukkan bahwa 11 model pembelajaran dapat berpengaruh dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi IPA sekolah dasar.</p> 2024-11-04T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) https://journal.unsika.ac.id/judika/article/view/11923 EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS XI SMK ABDI NEGARA MUNTILAN 2024-09-03T15:05:14+07:00 Dafa Nur Amalia dafanur.2019@student.uny.ac.id Yuliansah Yuliansah yuliansah@uny.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektivitas media pembelajaran berbasis video dalam meningkatkan motivasi belajar siswa (2) efektivitas media pembelajaran berbasis video dalam meningkatkan <em>self-efficacy</em> siswa kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran pada mata pelajaran Tata Kelola Humas dan Keprotokolan di SMK Abdi Negara Muntilan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan model Quasi Experimental Design dengan desain <em>posttest only control design</em>. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MPLB SMK Abdi Negara Muntilan yang mengikuti pembelajaran Tata Kelola Humas dan Keprotokolan berjumlah 38 siswa. Sampel penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran berbasis video efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa 2) media pembelajaran berbasis video efektif dalam meningkatkan self-efficacy siswa kelas XI MPLB pada mata pelajaran Tata Kelola Humas dan Keprotokolan di SMK Abdi Negara Muntilan. Oleh karena itu pembelajaran dengan memanfaatkan video dapat menjadi pilihan utama untuk pembelajaran pada mata pelajaran lain ataupun pada jenjang pendidikan lain di Indonesia.</p> 2024-11-04T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) https://journal.unsika.ac.id/judika/article/view/11574 PEMANFAATAN CERITA INTERAKTIF DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA YANG INOVATIF 2024-06-28T11:32:48+07:00 Harris Rizki Akhiruddin harris.23010@mhs.unesa.ac.id Anas Ahmadi anas.ahamadi@yahoo.com Resdianto Permata Raharjo resdianto.permata.raharjo@yahoo.com <p>Pemanfaatan cerita interaktif digital sebagai media pembelajaran bahasa yang inovatif telah menjadi topik penting dalam pendidikan modern. Artikel ini mengeksplorasi pendekatan inovatif dalam pembelajaran bahasa dengan memanfaatkan teknologi cerita interaktif digital. Pendekatan ini menawarkan pengalaman pembelajaran yang aktif dan terlibat, serta memungkinkan personalisasi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan individu. Cerita interaktif digital juga meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran bahasa melalui aspek visual dan audio yang kuat serta tantangan dan reward yang terintegrasi. Meskipun cerita interaktif digital menawarkan berbagai manfaat, penggunaannya juga menghadapi tantangan seperti aksesibilitas teknologi dan integrasi dalam kurikulum. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi lebih lanjut potensi, tantangan, dan implikasi praktis pemanfaatan cerita interaktif digital dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa di era digital ini. Dengan memahami urgensi pemanfaatan teknologi ini, penelitian yang mendalam dan menyeluruh tentang topik ini menjadi krusial dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa di era digital.</p> 2024-11-04T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) https://journal.unsika.ac.id/judika/article/view/12060 PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN CANVA DAN GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 SALATIGA 2024-09-03T15:07:42+07:00 Ira Ika Damayanti iraikadamayanti@gmail.com Anna Royyan Nikmah ann.royyana.nikmah@gmail.com Kriswandani Kriswandani kriswandani@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model <em>Problem Based Learning</em> berbantuan <em>Canva</em> dan <em>GeoGebra</em> terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 3 Salatiga. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Pengambilan data diperoleh dengan metode tes, observasi, dan kuesioner. Tes dengan soal uraian untuk mengetahui hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan Model <em>Problem Based Learning</em> berbantuan <em>Canva </em>dan <em>GeoGebra</em> yang selanjutnya dianalisis. Hasil penelitian adalah (1) penerapan model <em>Problem Based Learning</em> berbantuan <em>Canva</em> dan <em>GeoGebra</em> berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Salatiga (2) Dengan memadukan media pembelajaran <em>Canva</em> dan <em>GeoGebra </em>dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif integrasi teknologi dalam pembelajaran yang interaktif dan menarik.</p> 2024-11-04T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) https://journal.unsika.ac.id/judika/article/view/11850 PUBLIC SPEAKING ANXIETY DURING ORAL PRESENTATION: FACTORS AFFECTING AND HOW STUDENTS OVERCOME IT 2024-06-28T18:44:44+07:00 Hafidh Nurhaqqi Tarbani 1710631060077@student.unsika.ac.id Praditya Putri Utami pradityaputriutami@staff.unsika.ac.id Tika Santika tikasantika@staff.unsika.ac.id <p>The main focus in this research is to investigate the factors affecting public speaking anxiety among students during oral presentation and to explore students’ strategies to overcome public speaking anxiety. The participants in this this case study research are 2nd grade of senior high school students at Daruttaqwien Islamic Boarding School. This research utilizes observation and interview to explore more deeply about factors causing public speaking anxiety and students’ strategies to overcome it during oral presentation. The results of this research found that the students experienced various factors affecting public speaking anxiety such as lack of confidence, language factor, grammar factor, pronunciation factor, and peer factor. Meanwhile, the students’ strategies in overcoming public speaking anxiety were think positively, preparation, practice, and deal with audience. Hopefully, the results of this study can be helpful as a reference for students and teachers in order to aware about public speaking anxiety, so the approach for overcoming public speaking anxiety can be found simultaneously.</p> 2024-11-04T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) https://journal.unsika.ac.id/judika/article/view/12017 ANALISIS MANAJEMEN KURIKULUM 2013 DAN PERBEDAANNYA TERHADAP KURIKULUM MERDEKA PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PENGELASAN DI SMK NEGERI 4 AMBON 2024-09-30T09:25:51+07:00 Clementina Talubun gikenzo0699rt@gmail.com Tanwey Ratumanan tanwey.ratumanan@gmail.com Arnold Sahalessy arnold.sahalessy@yahoo.co.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen dan hambatan Kurikulum 2013 serta solusi untuk mengatasi hambatan manajemen kurikulum, dan perbedaannya dengan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan tempat penelitian berlokasi di SMK Negeri 4 Ambon. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa manajemen Kurikulum 2013 belum dilaksanakan dengan baik, karena masih terdapat banyak hambatan dalam perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi manajemen Kurikulum 2013.</p> 2024-11-04T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) https://journal.unsika.ac.id/judika/article/view/11345 TINGKAT KEPUASAN PESERTA PELATIHAN BAHASA JEPANG PADA KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN 2024-05-22T20:40:12+07:00 Dewi Rahmawati rahmawatidewi1807@gmail.com Wiwin Herwina wiwin.herwina@gmail.com Nurlaila Nurlaila nurlaila.unsil@gmail.com <p>Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner/angket penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling pada 25% populasi (125 orang) yakni sampel sebanyak 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta pelatihan bahasa jepang merasa puas dengan kualitas pelayanan pendidikan yang ada. Hal ini dibuktikan dengan perolehan persentase rata-rata kepuasan sebesar 87,4% yang artinya berada pada kategori “Sangat Puas”. Maka dapat dikatakan bahwa LPK Seiko Sukapura Indonesia telah memberikan kualitas pelayanan yang memuaskan bagi peserta pelatihan bahasa Jepang. Dalam hal ini, lembaga telah menyediakan sarana dan prasarana pendukung, memberi kemudahan akses pelatihan, pengelolaan pembelajaran yang mumpuni, memberikan respon terhadap permintaan dan keluhan peserta, kejelasan dalam memberikan informasi, menciptakan rasa aman bagi peserta saat bertransaksi dengan lembaga, memberikan jaminan ketercapaian dan legalitas pelayanan, instruktur dan tenaga kependidikan senantiasa ramah dan sopan secara konsisten, serta lembaga mampu melakukan pendekatan secara personal kepada masing-masing peserta pelatihan. Dapat dikatakan demikian karena persepsi peserta pelatihan bahasa jepang pada kualitas pelayanan menunjukkan kesetujuan pada pernyataan-pernyataan pengukuran kualitas pelayanan pendidikan yang diukur berdasarkan dimensi-dimensi kualitas pelayanan.</p> 2024-11-04T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) https://journal.unsika.ac.id/judika/article/view/12147 REPRESENTASI PERSONA DALAM NOVEL CINTA TERAKHIR BABA DUNJA KARYA ALINA BRONSKY DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN 2024-10-14T08:10:15+07:00 Anggoro Abiyyu Ristio Cahyo anggoro.23002@mhs.unesa.ac.id Wahyu Dian Andriana wahyu.23003@mhs.unesa.ac.id <p>Persona dalam psikologi sastra dijelaskan sebagai topeng sosial yang digunakan individu untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi wujud persona, penyebab terbentuknya persona, serta dampak persona. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengaitkan temuan tersebut dengan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Sumber data utama adalah novel <em>Cinta Terakhir Baba Dunja</em> karya Alina Bronsky. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik baca dan catat, dengan fokus pada kutipan-kutipan yang relevan terkait konsep persona. Data dianalisis menggunakan teknik analisis alir yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setiap kutipan yang diperoleh dianalisis secara mendalam berdasarkan teori psikologi sastra Carl Gustav Jung. Hasil penelitian menunjukkan wujud persona yang ditampilkan oleh tokoh-tokoh dalam novel meliputi ketangguhan, kepedulian, kemandirian, dan emosional. Persona tokoh dalam novel terbentuk karena refleksi diri, ketahanan, dampak trauma, dan pencarian identitas. Dampak persona terhadap para tokoh meliputi munculnya kerentanan dalam hidup, kecemasan tersembunyi, dinamika hubungan keluarga, perspektif sosial, dan keterbatasan. Pendidikan berperan penting dalam membantu mengembangkan ketangguhan, kemandirian, dan keseimbangan emosional. Hadirnya pendidikan juga mendukung dalam menghadapi tekanan sosial dan pencarian identitas dengan cara yang sehat dan adaptif.</p> 2024-11-04T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)