ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v11i2.8464Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi siswa dalam menyelesaikan masalah matematis berdasarkan self-confidence. Subjek penelitian dalam artikel ini yaitu siswa SMPN 2 Karawang Barat kelas VIII I tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan data diperoleh dengan metode tes serta non tes. Metode non tes tersebut berupa angket self-confidence berjumlah 16 butir pernyataan yang digunakan untuk menentukan kategori tinggi, sedang dan rendah. Kemudian setelah ditentukan pengkategorisasian angket, diambil perwakilan dari kategori tinggi, sedang dan rendah untuk melakukan tes kemampuan komunikasi matematis yang berupa tes uraian. Adapun hasil penelitian memperoleh informasi bahwa kemampuan komunikasi dalam meyelesaikan masalah matematis berdasarkan self-confidence berada pada kategori sedang. Karena kategori sedang pada hasil self-confidence siswa lebih besar dari kategori tinggi maupun rendah. Adapun persentase kategori sedang mencapai 67,6%, serta untuk kategori tinggi dan rendah mencapai persentase sama yaitu 16,2%.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.