EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS XI SMK ABDI NEGARA MUNTILAN
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v12i2.11923Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektivitas media pembelajaran berbasis video dalam meningkatkan motivasi belajar siswa (2) efektivitas media pembelajaran berbasis video dalam meningkatkan self-efficacy siswa kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran pada mata pelajaran Tata Kelola Humas dan Keprotokolan di SMK Abdi Negara Muntilan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan model Quasi Experimental Design dengan desain posttest only control design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MPLB SMK Abdi Negara Muntilan yang mengikuti pembelajaran Tata Kelola Humas dan Keprotokolan berjumlah 38 siswa. Sampel penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran berbasis video efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa 2) media pembelajaran berbasis video efektif dalam meningkatkan self-efficacy siswa kelas XI MPLB pada mata pelajaran Tata Kelola Humas dan Keprotokolan di SMK Abdi Negara Muntilan. Oleh karena itu pembelajaran dengan memanfaatkan video dapat menjadi pilihan utama untuk pembelajaran pada mata pelajaran lain ataupun pada jenjang pendidikan lain di Indonesia.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.