VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN DISPOSISI BERPIKIR KRITIS MAHASISWA

Penulis

  • Hunaepi Hunaepi IKIP Mataram
  • E Susantini Universitas Negeri Surabaya
  • L Firdaus IKIP Mataram
  • T Samsuri IKIP Mataram
  • Raharjo Raharjo Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v6i2.1794

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan validitas perangkat pembelajaran inkuri terintegrasi kearifan local untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan disposisi berpikir kritis mahasiswa. Perangkat pembelajaran meliputi Rencana Proram Pembelajaran (RPS), Skenario Pembelajaran, Buku Ajar, Lembar Kerja Mahasiswa, Intrumen keterampilan berpikir kritis dan Disposisi berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif untuk menilai dan mendapatkan kualitas perangkat pembelajaran yang valid untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan disposisi berpikir kritis mahasiswa. Perangkat pembelajaran divalidasai melalui kegiatan Focus Group discussion (FGD) dan divalidasi oleh 4 (empat) validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) penilaian validator terhadap perangka pembelajaran yang dikembangankan dari aspek validitas isi dan validitas konstruk berkatagori valid dengan rentang skor ? 3.6 dengan relibilitas untuk setiap komponen memiliki percentage agreement sebesar ? 75%. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran inkuiri terintegrasi kearifan local valid dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-11-21