PENERAPAN TEORI PERKEMBANGAN MENTAL PIAGET TAHAP OPERASIONAL KONKRET PADA HUKUM KEKEKALAN MATERI
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v3i2.214Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberlakuan teori tahapan perkembangan mental Piaget tahap operasional konkret, dan pemahaman konsep kekekalan materi pada anak usia 7–11 atau 12 tahun yang ada di negara kita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini hanya tiga orang anak, dua orang berjenis kelamin laki-laki dan satu orang berjenis kelamin perempuan. Dalam penelitian ini ada dua cara yang digunakan yaitu cara melihat gambar dan melakukan percobaan secara langsung. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian, maka simpulan dari penelitian ini adalah keberlakuan teori tahapan perkembangan mental Piaget tahap operasional konkret dapat berlaku juga pada anak usia 7–11 atau 12 tahun yang ada di negara kita. Dan pada anak yang sesuai dengan usianya berada pada tahap operasional konkret yang ada di negara kita, ternyata belum memahami konsep kekekalan materi.
Kata kunci: Teori Perkembangan Mental, Hukum Kekekalan Materi
Unduhan
Referensi
Hadyme. (2010). Teori Belajar Pada Pembelajaran Matematika Di SD. Tersedia: https://hadyme.wordpress.com/2010/04/20/teori-belajarpada-pembelajaran-matematikia-di-sd/. [25 Mei 2015]
Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito
______________.(1990). Pengajaran Matematika Moderen dan Masa Kini Untuk Guru dan PGSD D2 (seri kedua). Bandung: Tarsito
Somakim. (2015). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Tersedia: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/PengembanganPembelajaranMatematika_UNIT_2_0.pdf.ssomakim. [3 Juni 2015]