Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2020-12-31. Baca versi terbaru.

STUDENTS’ COGNITIVE ENGAGEMENT THROUGH EDUCARD IN LEARNING VOCABULARY

Penulis

  • Yousef Bani Ahmad UNSIKA

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v8i2.4363

Abstrak

Kosa kata memberikan peran penting dalam pembelajaran bahasa asing. Agar dapat berkomunikasi dengan baik siswa harus mempelajari kosa kata dalam jumlah yang memadai dan harus tau cara menggunkannya seacara akurat. (Huyen & Nga, 2003). Adapun siswa biasanya merasa cepat bosan karena guru seringkali menggunakan metode pembelajaran konvensional terutama dalam pengajaran kosa kata (Zou, Wang, Xie, & Kohnke, 2018). Penelitian ini meneliti kognitif siswa dalam belajar kosa kata melalui Educard. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara Educard mempasilitasi keterlibatan kognitif siswa dalam belajar kosa kata dan seperti apa tanggapan siswa. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di salah satu Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan pedekatan kulitatif. Data dikumpulkan dengan menyebar kuesioner, wawancara kepada 5 siswa kelas VIII serta dokumentasi. Untuk menganalisis data penelitian ini mengadopsi teknik Miles, Huberman Saldaña (2014) ; pengumpulan data, pengurangan, tampilan serta verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran kosa kata siswa terfasilitasi dengan menggunakan Educard. Ada beberapa jenis keterlibatan kognitif yang telah terlibat dalam pembelajaran siswa ketika menggunakan Educard saat belajar kosa kata bahasa Inggris seperti : Pembelajaran mandiri, Manajement sumber daya, Penerimaan dan Fokus tugas. Selain itu, Educard membangun aktifitas kognitif siswa dalam belajar kosa kata serta respon siswa yang positif terhadap educard

 

Kata kuncis:Students’ cognitive engagement, Vocabulary, Educard

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-12-31

Versi