EVALUASI PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI PERGURUAN TINGGI: RELEVANSI BIDANG PEKERJAAN DENGAN PROGRAM STUDI
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v9i2.5395Abstrak
Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mengevaluasi penyelenggaraan pendidikan di perguruan tinggi dengan mengamati relevansi bidang pekerjaan lulusan dengan Program Studi. Data yang dianalisis ialah data tracer study 2017 yang diperoleh dari Divisi Pengembangan Karir di salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Data tersebut merekam 2561 profil lulusan angkatan 2010, dan 1566 diantaranya memiliki pekerjaan di berbagai bidang, sedangkan 995 lulusan lainnya tidak bekerja atau melanjutkan studi. Analisis data dilakukan menggunakan analisis korespondensi. Luaran dari metode ini menghasilkan tampilan grafis dari data berupa plot korespondensi. Plot tersebut menampilkan informasi mengenai struktur asosiasi antara relevansi bidang pekerjaan lulusan dengan Program Studi. Secara keseluruhan diperoleh gambaran bahwa 69,97% lulusan perguruan tinggi tersebut memiliki pekerjaan yang relevan dengan bidang kuliah, dengan kategori bidang usaha terbanyak (sebesar 16%), yaitu di industri pengolahan (kategori C), dan jenis pekerjaan terbanyak (sebesar 22%) di bagian penelitian dan pengembangan (research and development). Hasil dari penelitian ini secara umum dapat dijadikan sebagai rekomendasi dalam mengevaluasi penyelenggaraan pendidikan di perguruan tinggi, khususnya dalam mengelola program pengembangan karir bagi lulusan.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Versi
- 2022-01-24 (3)
- 2021-11-15 (2)
- 2021-11-15 (1)
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.