EFEKTIFKAH KURIKULUM DAN MATERI BERBASIS ENTERPRENEURSHIP DI PERGURUAN TINGGI INDONESIA SAAT INI?
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v11i1.8487Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan kurikulum dan materi berbasis entrepreneurship di perguruan tinggi Indonesia saat ini serta mencari solusi agar kurikulum berbasis entrepreneurship dapat dikembangkan dengan baik dan optimal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan. Meskipun beberapa perguruan tinggi telah menerapkan pendidikan entrepreneurship, kurikulum atau materi yang diberikan pada mata kuliah entrepreneurship belum mampu menumbuhkan nilai-nilai entrepreneurship di dalam diri mahasiswa. Oleh karena itu, ada lima strategi pembelajaran yang dapat membentuk karakter entrepreneurship mahasiswa yaitu: 1) Creative critical constructive imagination, 2) Entrepreneurial real-life experience, 3) Educative disequilibrium conditioning, 4) Coaching and mentoring with collaboration and competition 5) Community and market impact and involvement. Selain itu, perguruan tinggi perlu menerapkan tujuh strategi untuk mengembangkan entrepreneurship, yaitu: 1) menyusun kurikulum, 2) Peningkatan SDM Dosen 3) Membentuk entrepreneur centre, 4) Kerjasama dengan dunia usaha, 5) Membentuk unit usaha, 6) Kerjasama dengan institusi keuangan, 7) Entrepreneurship Award.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.