ASESMEN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI KELAS VII MTS MUHAMMADIYAH KOTA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v11i1.8717Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan asesmen pembelajaran menulis teks narasi siswa kelas VII, serta mendeskripsikan kendala yang ditemukan guru saat melaksanakan asesmen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Adapun data yang didapatkan pada penelitian ini mencakup hasil wawancara guru yang berhubungan dengan, silabus, RPP serta rubrik penilaian menulis teks narasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru sudah menggunakan asesmen pembelajaran di kelas dengan merencanakan asesmen pembelajaran, melaksanakan asesmen pembelajaran, dan mengevaluasi asesmen pembelajaran dengan tiga kompetensi yang dikaji dalam penelitian ini yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Observasi dan catatan jurnal dapat menjadi alat yang berguna untuk menilai kompetensi sikap siswa. Pada kompetensi pengetahuan dilakukan melalui penggunaan tes tertulis, tes lisan, dan penugasan. Sementara itu, penilaian produk dan portofolio digunakan untuk menentukan tingkat keterampilan siswa. Akan tetapi terdapat juga kendala pada saat menerapkan asesmen menulis teks narasi ini yaitu keterbatasan pemahaman guru tentang asesmen, banyaknya indikator yang harus dinilai terutama pada aspek sikap serta kurangnya waktu saat melaksanakan penilaian keterampilan menulis teks narasi.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.