STUDI LITERATUR: MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PASCA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Laeny Siti Hasanah BBPPMPV BMTI

DOI:

https://doi.org/10.35706/jk.v1i2.8799

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran Discovery Learning sebagai inovasi pembelajaran yang dapat diterapkan oleh pendidik pasca pandemik Covid-19. Melalui kajian pustaka, metode “library research” analisis literatur digunakan dalam penelitian ini untuk melengkapi analisis terhadap berbagai sumber yang digunakan. Perumusan pertanyaan penelitian di awal penelitian dilanjutkan dengan penelaahan temuan penelitian terkait pelacakan jurnal terdahulu menggunakan artikel jurnal terindeks, buku, tesis, dan artikel online terkait penerapan Discovery Learning untuk mengumpulkan data kajian pustaka ini.  Hasil studi literatur menunjukkan bahwa Pasca pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia penerapan strategi belajar mengajar dengan model Discovery Learning cukup berhasil guna meningkatkan hasil belajar siswa. Dari studi literatur yang telah dilakukan terungkap bahwa Discovery Learning sebagai model pembelajaran pasca Covid-19 berkontribusi dalam meningkatkan hasil akhir pembelajaran dan proses pengajaran para siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Allo, D.P., Sudia, M & Hasnawati. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Setting Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMP Swasta Antam Pomala. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 10. No. 1, Januari 2019 : Hal. 19-30.

Azizah, A., & Purwoko, B. (2019). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 7(2): 1–7.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Donni. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung:CV. Pustaka Setia.

Hamalik, Oemar. (2008). Perencanaan Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia

Jayadiningrat, M. G., Putra, K. A., & Putra , P. S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 110.

Setiadi, T., & Zainul, R. (2019). Pengembangan e-modul Asam Basa Berbasis Discovery Learning untuk Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Kimia, 112.

Sitti Utami Medianty. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Dengan Menggunakan Media Video Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar

Sudjana, Nana. (2009) Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung : PT. Rosdakarya. 3

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-31 — Diperbaharui pada 2023-03-31

Versi

Cara Mengutip

Hasanah, . L. S. . (2023). STUDI LITERATUR: MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PASCA PANDEMI COVID-19. JURNAL KOLASE, 1(2), 50–55. https://doi.org/10.35706/jk.v1i2.8799

Terbitan

Bagian

KOLASE