STUDI LITERATUR: MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PASCA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.35706/jk.v1i2.8799Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran Discovery Learning sebagai inovasi pembelajaran yang dapat diterapkan oleh pendidik pasca pandemik Covid-19. Melalui kajian pustaka, metode “library research” analisis literatur digunakan dalam penelitian ini untuk melengkapi analisis terhadap berbagai sumber yang digunakan. Perumusan pertanyaan penelitian di awal penelitian dilanjutkan dengan penelaahan temuan penelitian terkait pelacakan jurnal terdahulu menggunakan artikel jurnal terindeks, buku, tesis, dan artikel online terkait penerapan Discovery Learning untuk mengumpulkan data kajian pustaka ini. Hasil studi literatur menunjukkan bahwa Pasca pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia penerapan strategi belajar mengajar dengan model Discovery Learning cukup berhasil guna meningkatkan hasil belajar siswa. Dari studi literatur yang telah dilakukan terungkap bahwa Discovery Learning sebagai model pembelajaran pasca Covid-19 berkontribusi dalam meningkatkan hasil akhir pembelajaran dan proses pengajaran para siswa.
Unduhan
Referensi
Allo, D.P., Sudia, M & Hasnawati. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Setting Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMP Swasta Antam Pomala. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 10. No. 1, Januari 2019 : Hal. 19-30.
Azizah, A., & Purwoko, B. (2019). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 7(2): 1–7.
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Donni. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung:CV. Pustaka Setia.
Hamalik, Oemar. (2008). Perencanaan Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia
Jayadiningrat, M. G., Putra, K. A., & Putra , P. S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 110.
Setiadi, T., & Zainul, R. (2019). Pengembangan e-modul Asam Basa Berbasis Discovery Learning untuk Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Kimia, 112.
Sitti Utami Medianty. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Dengan Menggunakan Media Video Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar
Sudjana, Nana. (2009) Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung : PT. Rosdakarya. 3
Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Versi
- 2023-03-31 (2)
- 2023-03-31 (1)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 JURNAL KOLASE
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.