Strategi Pemasaran Produk Sabun Berbahan Dasar Limbah Minyak untuk Meningkatkan Penjualan
DOI:
https://doi.org/10.35706/kreatif.v2i1.10553Abstrak
Desa Wadas terdapat Bank Sampah yang berfungsi mengolah atau mendaur ulang sampah sehingga menjadi produk yang dapat digunakan. Pada Paud Dahlia yang merupakan unit dari Bank Sampah Induk Karawang memiliki banyak potensi usaha kecil olahan yang terbuat dari sampah. Salah satunya yaitu sabun mijel yang terbuat minyak jelantah, dikembangkan oleh ibu-ibu di Desa Wadas. Namun, usaha tersebut masih dikelola secara tradisional dan belum dioptimalisasi melalui pemanfaatan teknologi informasi semacam internet untuk memasarkan produk. Secara garis besar tulisan ini menganalisis hambatan, keunggulan yang terdapat pada produk dan pemasaran produk. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini yaitu untuk mengenalkan produk sabun mijel (minyak jelantah) agar dapat dikenal oleh masyarakat luas dan membantu meningkatkan penjualan