Peran Kelompok Usaha Dalam Digital Marketing dan Inovasi Produk untuk Meningkatkan Kesejahteraan dan Kemandirian Ekonomi Masyarakat Desa Kanugrahan
Peran Kelompok Usaha Dalam Digital Marketing dan Inovasi Produk untuk Meningkatkan Kesejahteraan dan Kemandirian Ekonomi Masyarakat Desa Kanugrahan
DOI:
https://doi.org/10.35706/kreatif.v2i2.12025Abstrak
Tujuan dari pembahasan studi kepustakaan ini untuk menggambarkan peran kelompok usaha UMKM dalam meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian ekonomi dalam digital marketing dan inovasi produk di Desa Kanugrahan. Untuk metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Fokus penelitian adalah pada kelompok usaha di Desa Kanugrahan. Usaha ini dipilih karena sudah terbukti dalam menghadapi apapun termasuk krisis monitor dan besar perannya dalam pemerolehan pendapatan dan mensejahterahkan masyarakat.
Unduhan
Referensi
Azis, A., & Rusland, A. (2009). Peranan Bank Indonesia di dalam mendukung Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Dalam B. Indonesia, Seri Kebansentralan, 21.
Departemen Koperasi. 2008. Tersedia di : www.depkop.go.id. Situs Resmi Departemen Koperasi. (Diakses tanggal 28 Desember 2018).
Narbuko, C., & Achmadi, A. (2007). Metodologi Penelitian, Bumi Aksara.
Stelzner, M. A. (2012). 2012 social media marketing industry report: how marketers are using social media to grow their businesses. Social Media Examiner.
Permana, S. H. (2017). Strategi peningkatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Aspirasi: Jurnal masalah-masalah sosial, 8(1), 93-103.
Susilo, J. H., Eliana, A., Putri, E. Y., & Fauziah, A. P. (2022). Pendampingan Digital Marketing Dan Legalitas Usaha Untuk Meningkatkan Kuantitas Penjualan Umkm. Jurnal Abdi Masyarakat, 6(1).
Wahyudin, W., Pinem, H. A., Ar-rabbani, H. N., Khasanah, D., Ulolo, D. M. B., Aradhea, A. I., ... & Ramadhani, A. (2024). Pendapingan Pendistribusian Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Dalam Upaya Peningkatan Penjualan di Desa Malangsari. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains dan Teknologi, 2(1), 53-57.
Wardhana, A. (2015, April). Strategi digital marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV (Vol. 4).