Pengembangan Kurikulum Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Purworejo

Authors

  • Laila Febriana Institut Agama Islam An-Nawawi
  • Ida Faridah Institut Agama Islam An-Nawawi

DOI:

https://doi.org/10.35706/muntazam.v5i1.12111

Abstract

Pengembangan kurikulum merupakan suatu proses yang menyeluruh sebagai bentuk kebijakan nasional dalam pendidikan yang disesuaikan dengan visi, misi dan strategi yang dimiliki dari pendidikan nasional. Sedangkan dengan adanya pengembangan manajemen kurikulum, dapat membuat suatu lembaga pendidikan akan dapat berkualitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini juga menggunakan tekhnik analisis data kualitatif model Miles dan Hubermen dengan tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dengan Bapak Sugeng Cahyadi selaku Waka Kurikulum di Mts Negeri 1 Purworejo. Hasil penelitian ini tentang pengembangan kurikulum yaitu dengan mengembangkan kurikulum berbasis lokal, yakni mengembangkan mata pelajaran yang ada di MTs Negeri 1 Purworejo. Berbasis global yaitu dengan menjalin kerjasama pada lembaga ataupun instansi tertentu. Dan pengembangan kurikulum yang ada di MTs Negeri 1 Purworejo yaitu dengan adanya progam unggulan Boarding Scool Tahfidz, Boarding School Riset dan Bilingual Full Day School.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansori, Mujahid. “Pengembangan Kurikulum Madrasah Di Pesantren.” Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1 (2021): 41–50.

Fadhli Muhammad. “Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan.” TADBIR : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, Vol. 1, No. 02, 2017 Demikian 1, no. 02 (2017).

Khotibul Umam. “PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI ISLAM SINKRONISASI DENGAN KEBIJAKAN KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI).” Jurnal Pendidikan Islam, VOL: 10/NO: 01 Februari 2021 10 (2023).

Laksono, Tio Ari, and Imania Fatwa Izzulka. “eval_uasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 3 (2022): 4082–92.

Nisa, Tasa Tasmiatun, Dewi Sartika, and Rizka Hadian Permana. “Pengaruh Social Support Pembina Asrama Terhadap Career Decision Making Remaja Santri Islamic Boarding School X Cianjur.” Bandung Conference Series: Psychology Science 3, no. 1 (2023): 389–96.

Rabiah, Sitti. “Manajemen Pendidikan Tinggi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Sinar Manajemen 6, no. 1 (2019): 58–67.

Wawancara dengan Bapak Sugeng Cahyadi Waka Kurikulum MTs Negeri 1 Purworejo pada tanggal 08 Maret 2022 pada pukul 08.30 WIB – 10.00 WIB.

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Febriana, L., & Faridah, I. (2024). Pengembangan Kurikulum Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Purworejo. MUNTAZAM, 5(1). https://doi.org/10.35706/muntazam.v5i1.12111