Analisis Supply And Demand Tenaga Pendidik Pada Satuan Pendidikan Dasar
DOI:
https://doi.org/10.35706/muntazam.v1i1.4013Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis demand (kebutuhan tenaga pendidik) dan supply (ketersediaan tenaga pendidik), faktor-faktor penyebab, dampak, dan solusi atas kondisi atas kebutuhan dan ketersediaan tenaga pendidik di SDN 1 Nagrikidul Purwakarta. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode deskriptif studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kondisi tenaga pendidik di SDN 1 Nagrikidul mengalami surplus (kelebihan tenaga pendidik) atau kondisi non-equilibrium (ketidakseimbangan demand dengan supply). Beberapa penyebab kondisi nonequilibrium tersebut yaitu kebijakan pemerintah daerah atas sekolah negeri, kebijakan yang belum berbasis riset, kewenangan kepala sekolah, kondisi guru dan pendekatan perencanaan tenaga pendidik. Kondisi surplus tenaga pendidik tersebut menimbulkan permasalahan dan menimbulkan dampak positif dan negatif bagi lembaga SDN 1 Nagrikidul Purwakarta. Namun meskipun demikian sebagai sebuah lembaga pendidikan profesional tentunya SDN 1 Nagrikidul mampu mengambil langkah strategik dalam menemukan solusi atas permasalahan yang dihadapi berkaitan dengan kondisi surplus tersebut
Downloads
References
Alcalá, N. R. L. (2018). 2018 Oklahoma Educator Supply & Demand Report. Oklahoma State Department of Education.
Ashadi, F. (2016). Pengembangan Sumberdaya Manusia Dalam Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol 4, 717–728. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3718
Creswell, J. W. (2014). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. SAGE Publication. Inc.
Donitsa-Schmidt, S., & Zuzovsky, R. (2014). Teacher Supply and Demand: The School Level Perspective. American Journal of Educational Research, 2(6), 420–429. https://doi.org/10.12691/education-2-6-14
Mawarti, S. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia; Sebuah Analisis dan Identifikasi Kebutuhan pada Satuan Pendidikan. Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 6, 30–48. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/madania/article/view/4799
National Center for Educational Statistics. (1993). Modeling Teacher Supply and Demand, with Commentary (Issue June). https://nces.ed.gov/pubsearch/pubsinfo.asp?pubid=93461
Safri, H. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Tingkat Penyerapan Anggaran. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 102–112.
Suharsaputra, U. (2012). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan Tindakan. Refika Adhitama.
Sutcher, L., Darling-Hammond, L., & Carver-Thomas, D. (2016). A coming crisis in teaching? Teacher supply, demand, and shortages in the U.S. Learning Policy Institute, September, 136 p. https://learningpolicyinstitute.org/product/coming-crisis-teaching
Sutcher, Leib, Darling-Hammond, L., & Carver-Thomas, D. (2016). A Coming Crisis in Teaching? Learning Policy Institute, 1–100. https://learningpolicyinstitute.org/
Tempel, M. (2017). Generative art for all. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.1186/s13731-017-0072-1
Ulferts, G., Wirtz, P., & Peterson, E. (2009). Strategic Human Resource Planning In Academia. American Journal of Business Education (AJBE), 2(7), 1–10. https://doi.org/10.19030/ajbe.v2i7.4123