Sikap Menghadapi Arah ke Depan Psikologi Organisasi Pendidikan

Authors

  • Bambang Syamsul Arifin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Diah Sultonah Fitaloka UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.35706/muntazam.v2i2.5947

Abstract

Perubahan tidak berhenti ketika sebuah inisiatif perubahan telah sukses diimplementasikan, tapi akan selalu terjadi perubahan karena lingkungan yang terus menerus berubah. Sehingga memunculkan inisiatif-inisiatif perubahan lain yang membuat organisasi harus melakukan perubahan yang berkelanjutan agar dapat tetap bertahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana sikap yang akan kita hadapi dalam arah kedepan psikologi organisasi pendidikan khususnya pada mahasiswa pascasarja UIN Bandung yang telah mengkaji lebih jauh terkait psikologi pendidikan yang ada di mata kuliah tersebut. Metode penelelitianya menggunakan metode kualoitatais. Dengan jenis metode kualitatif deskriptif. Adapun pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian observasi partisipan, perekaman, dan wawancara.  Berdasarkan hasil wawancara pada mahasiswa pascasarjana UIN Bandung terkait sikap menghadapi arah kedepan perubahan psikologi pendidikan. 10 objek mahasiswa memilih sikap rata rata mau dan mampu untuk berubah terkait menghadapi arah kedepan psikologi organisai pendidikan. Dikarenakan mereka yakin di masa 4.0 akan ada 5.0 hingga teknologi yang berubah. Yang mana akan berdampak dengan oerubahan perubahan baik psikologi maupun sikap kita terkait kebijkan kebijakan yang berlaku kelak.maka hal tersebut objek yang di ambil dalam penelitian tersebut sangatlah mendukung keterkaitanya dengan kesiapan untuk perubahan menghadapi di masa yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Bambang Syamsul Arifin , UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandun

Published

2021-12-28

How to Cite

Syamsul Arifin , B., & Fitaloka, D. S. (2021). Sikap Menghadapi Arah ke Depan Psikologi Organisasi Pendidikan. MUNTAZAM, 2(2). https://doi.org/10.35706/muntazam.v2i2.5947