Strategi Kepemimpinan Demokratis Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Ulum Kabupaten Malang
DOI:
https://doi.org/10.35706/muntazam.v3i01.6842Abstract
Keberhasilan pendidikan agama di madrasah ditentukan oleh profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam,berkaitan dengan peningkatan profesionalisme tersebut kepala madrasah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mambaul Ulum menerapkan strategi kepemimpinan demokratis yang cukup efektif dalam mengemban tugas dan tanggung jawabnya sebagai pemimpin di lembaganya.sehingga segala upaya meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Agama Isam sangat menarik untuk diteliti. Salah satu upaya itu adalah Strategi Kepemimpinan Demokratis Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mambaul Ulum Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang”. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif yang bersifat alami dan ditampilkan apa adanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Profesionalisme guru Pendidikan Agama Isam di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mambaul Ulum Bululawang Malang cukup memadai dengan beberapa indikator guru Pendidikan Agama Isam sesuai kualifikasi dan tersertifikasi; membuat perencanaan pembelajaran (2) Strategi yang digunakan kepala madrasah: keteladanan, disiplin, motivasi, Focus Group Discussion (FGD), supervisi; (3) pelaksanaan kepemimpinan demokratis dengan mengoptimalkan peran kepala madrasah sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator dan motivator.
Kata Kunci : Strategi Kepemimpinan Demokratis, Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam