Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak
DOI:
https://doi.org/10.35706/muntazam.v3i01.6930Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan metode demonstrasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak, mendeskripsikan pelaksanaan metode demonstrasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, dan mendeskripsikan hasil implementasi metode demonstrasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak Mts. Miftahul Huda. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Pelaksanaan metode demonstrasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa tersebut cukup berhasil dengan baik, hal tersebut ditunjukan dengan indikasi: Nilai siswa cenderung naik sesudah diterapkanya metode demonstrasi ini baik berupa nilai ulangan harian, semester, maupun nilai raport, setelah mengimplementasikan metode demonstrasi ini siswa lebih memahami penjelasan dari gurunya langsung dan juga memperoleh gambaran yang jelas dari hasil pengamatanya, dan diimplementasikannya metode demonstrasi ini siswa merasa senang apabila ia ikut aktif dalam kegiatan keagamaan yang diadakan sekolah.