Telaah Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Santri “Tahfidzul Quran” Pondok Pesantren Al-Falah Al-Makky
DOI:
https://doi.org/10.35706/muntazam.v3i01.7077Abstract
Pendidikan karakter menjadi sorotan utama di setiap lembaga pendidikan. Adapun progam pendidikan memiliki metode dan cara sendiri-sendiri untuk menghadapi problematika penurunan moral bangsa, utamanya para remaja. Metode Penelitian yang peneliti gunakan adalah metode deskriptif. Metode ini dimulai dengan mengumpulkan data, menganalisis data dan menginterpretasikannya. Metode deskriptif dalam pelaksanaannya dilakukan melalui tekhnik survey, studi kasus (bedakan dengan suatu kasus), studi komparatif, studi tentang waktu dan gerak, analisis tingkah laku dan analisis dokumenter. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa progam tahfidzul quran di Pondok Pesantren Al-Falah Al-Makky memiliki nilai-nilai pendidikan karakter yang penting dalam kehidupan, yaitu: Shiddīq, amānah, fathānah, tablīgh, sabar, istiqomah, disiplin waktu, tangguh, taqwa, birr al-wālidayn, menjauhi kemaksiatan, syukur, kepekaan sosial atau peduli, rendah hati, ikhlas, tekun/semangat/kerja keras. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah kembali nilai-nilai pendidikan karakter yang dikembangkan di progam tahfidzul quran Pondok Pesantren Al-Falah Al-Makky, sebagai wacana pengetahuan dan pengembangan dalam meningkatkan kualitas pendidikan, utamanya progam tahfidzul quran dan untuk mempertahankan khazanah Islam.