MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MENGEMBANGKAN MINAT DAN BAKAT DI MAN PURWOREJO
DOI:
https://doi.org/10.35706/muntazam.v5i1.9266Abstract
Peserta didik merupakan sumber daya utama dan terpenting dalam suatu lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan tentunya harus memiliki manajemen yang baik dalam menumbuh kembangkan potensi, minat dan bakat peserta didiknya. Sebab, masing-masing peserta didik memiliki prioritas kebutuhan yang berbeda-beda dalam mengembangkan potensi dan kemapuan dirinya, seperti ada peserta didik yang ingin berprestasi dalam bidang akademiknya, ada yang ingin berprestasi dalam bidang non-akademik dan ada pula yang ingin sukses dalam segala hal.
Metode penelitian disini menggunakan metode penelitian kualitatif yang dimana pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu manajemen peserta didik di MAN Purworejo, terutama dalam bidang ekstrakurikuler, mempengaruhi pengembangan minat dan bakat peserta didik. Dengan adanya fasilitas, waktu dan juga motivasi baik dari orang tua maupun lingkungan pertemanan, peserta didik dapat mengembangkan minat dan bakatnya tanpa adanya paksaan.
Kata Kunci: Peserta didik, minat, dan bakat.
Downloads
References
Ali, dkk. 2006. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Imron, Ali. 2012. Manajemen Peserta Didik. (Jakarta: Bumi Aksara).
Sohiron. 2015. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, cet.5. Pekanbaru: Kreasi Edukasi.
Suwardi. 2017. Manajemen Peserta Didik. Yogyakarta: Gava Media.
Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 Tentang Pembinaan Siswa. (Jakarta: Kemdiknas RI).