PERAN ORANG TUA DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN MELALUI GOOGLE DRIVE PADA ANAK USIA DINI DIMASA PANDEMIC COVID
DOI:
https://doi.org/10.35706/murangkalih.v2i02.5808Abstrak
Dampak dari pandemi covid sangat terasa disemua bidang, tidak terkecuali dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini terimbas pula. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam evaluasi pembelajaran melalui google drive yang dijadikan pedoman pada masa pandemic covid bagi guru PAUD, Rumusan masalah dari pengabdian ini adalah untuk mengetahui “ Bagaimana peran orang tua dalam evaluasi pembelajaran melali google drive pada anak usia dini dimasa pandemi covid ?”. Topik ini dipilih karena masih belum siapnya orang tua dan guru ketika terjadi wabah, belum semua orang tua dan guru mampu secara mandiri mengintegrasikan evaluasi penilaian perkembangan anak menggunakan Google Drive ketika pandemi. Metode yang dipakai menggunakan metode penelitian evaluasi ini dengan penelitian kualitatif fenomenologis, yaitu dengan memahami peristiwa dan situasi yang difokuskan pada fakta dilapangan terhadap fenomena evaluasi perkembangan pada anak usia dini pada masa pandemi. Hasil penelitian ini menunjukkan peran orang tua dalam evaluasi pembelajaran melalui google drive berdampak positif bagi anak dan mampu menjadi solusi dalam pengembangan evalusi bagi pendidik.