ANALISIS KARAKTER DAN PSIKOLOGIS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TK ASH-SHAHABAH KABUPATEN BEKASI

Penulis

  • Anisa Nur Rachamadiani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Desty Fitriana Putri Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Uum Umatul Khoeriyah Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/murangkalih.v3i02.10188

Abstrak

Pada hakikatya sekolah adalah tempat untuk mengenyam pendidikan tanpa memandang status ataupun kondisi dari peserta didik. Namun, hal itu menjadi terpisah saat ada stereotipe negatif dari berbagai kalangan bahwasanya mereka berbeda yang dimana seharusnya sekolah berupaya untuk melakukan pemerataan dalam pendidikan yang memberikan kebebasan serta hak belajar kepada anak berkebutuhan khusus tanpa pengecualian atau tindakan diskriminasi karena mereka tentunya berhak mendapatkan pendidikan yang setara dengan anak-anak pada umumnya. Perihal ini kerap kali dipandang sebelah mata sehingga baik dari anak berkebutuhan khusus dan orang tuanya kehilangan kepercayaan diri untuk memberikan pendidikan di sebuah sekolah. Maka dari itu, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai detail anak berkebutuhan khusus dilakukankan penelitian pada salah satu sekolah dasar yang bertempat di Kabupaten Bekasi Kecamatan Tambun Utara yaitu TK Ash-Shahabah yang menjadi subjek penelitian kali ini dan untuk objek penelitian ini ditujukan pada salah satu siswa yang saat ini berada di bangku kelas B. Dalam penelitian ini pun dilakukanlah pengamatan dan sesi wawancara terhadap salah seorang guru atau wali kelas dari kelas B untuk mengetahui lebih dalam tentang siswa tersebut serta pemberian dan penanganan dalam kegiatan belajar mengajar yang berlangsung di kelas. Tentunya, dengan dilakukan penelitian ini diharapkan menjadi sebuah pandangan baru dalam penerimaan anak berkebutuhan khusus di sekolah-sekolah dan diharapkan mereka memperoleh pendidikan yang sama dan menghargai keistimewaannya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdullah, N. (2013). Mengenal anak berkebutuhan khusus. Magistra, 25(86), 1.

Desiningrum, D. R. (2017). Psikologi anak berkebutuhan khusus.

Nisa, K., Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018). Karakteristik dan kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 33-40.

Praptiningrum, N. (2010). Fenomena penyelenggaraan pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 7(2).

Rezieka, D. G., Putro, K. Z., & Fitri, M. (2021). Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus Dan Klasifikasi Abk. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 40-53.

Sunarya, P. B., Irvan, M., & Dewi, D. P. (2018). Kajian penanganan terhadap anak berkebutuhan khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 11-19.

Switri, E. (2022). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Penerbit Qiara Media

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-09-30

Cara Mengutip

Nur Rachamadiani, A., Putri, D. F. ., & Khoeriyah, U. U. . (2022). ANALISIS KARAKTER DAN PSIKOLOGIS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TK ASH-SHAHABAH KABUPATEN BEKASI. MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(02), 39–44. https://doi.org/10.35706/murangkalih.v3i02.10188