Realitas Perempuan Driver Ojek Online

Authors

  • Dina Alamianti Universitas Langlangbuana
  • Rannie Dyah Khatamisari Rachaju Universitas Langlangbuana
  • Rodhiyat Fajar Salim Universitas Langlangbuana

DOI:

https://doi.org/10.35706/jpi.v7i2.7833

Abstract

Adanya konstruksi sosial yang bermunculan dari para driver sendiri tentang transportasi online dan konstruksi sosial yang menggambarkan bahwa driver ojek online identik dengan laki-laki, namun profesi ini diminati oleh perempuan walaupun masih belum banyak jumlahnya. Hal ini menunjukkan dominasi laki-laki atas perempuan, masih adanya nilai-nilai patriarki di masyarakat di era emansipasi. Berbagai alasan muncul yang mendasari dari penelitian ini untuk menjelaskan tentang motif penyebab dan motif tujuan dari perempuan driver ojek online yang dikenal sebagai ojol untuk menjalani profesinya serta pengalaman komunikasi dari perempuan driver ojek online saat menjalani profesinya.  Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan studi fenomenologi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analysis interactive model dari Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan motif penyebab menjadi perempuan driver ojol yakni kondisi ekonomi keluarga, waktu yang fleksibel, status pernikahan, latar belakang pendidikan, diajak teman. Motif tujuan dari perempuan driver ojol yakni motif merubah hidup, memenuhi kebutuhan, bertahan hidup, motif waktu dan motif sosial. Pengalaman komunikasi sebagai perempuan driver ojol yang beragam dengan customer, dan komunitas HDBR (Himpunan Driver Bandung Raya).

Kata Kunci: Realitas, Perempuan, Ojek Online, Fenomenologi

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-12-29

How to Cite

Alamianti, D., Rachaju, R. D. K. ., & Salim, R. F. (2022). Realitas Perempuan Driver Ojek Online. Jurnal Politikom Indonesiana, 7(2), 48–59. https://doi.org/10.35706/jpi.v7i2.7833

Issue

Section

Jurnal Politikom Indonesiana