Strategi KPU Kota Solok Untuk Meningkatkan Kualitas Pemilu 2019
DOI:
https://doi.org/10.35706/jpi.v8i1.8121Abstract
Partisipasi masyarakat dilaksanakan melalui pemilu setiap lima tahun sekali. Penyelenggaraan pemilu dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum. KPU di setiap daerah mempunyai strategi untuk meningkatkan kualitas dalam melaksanakan pemilu, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat. KPU Kota Solok mempunyai strategi untuk meningkatkan pemilu 2019. Ada beberapa cara yang dilakukan KPU Kota Solok untuk meingkatkan kualitas pemilu, salah satunya adalah mensosialisasikan ke sekolah-sekolah yang ada di Kota Solok dengan berkerja sama dengan fakultas hukum yang ada di UMMY. Penelitian ini menggunakan teori kualitas serta dan dilakukan berdasarkan pendekatan kualitatif-deskriptif melalui studi pustaka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan strategi KPU Kota Solok dalam meningkatkan kualitas pemilu tahun 2019.
Kata Kunci: Pemilu, Strategi KPU, Kualitas
Downloads
References
Berita online Sora N, Pengertian Media Massa dan Menurut Para Ahli, pada 7 November 2022 dari http: //www.pengertianku.net/2014/07/pengertian-media-massa-dan- menurut- para-ahli.html.
Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi komunikasi. Kencana pranada media group. Jakarta
Fajar Marahaeni. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktik, (Cet. 1; Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009). Habibie Fitara Shaura. Media dan Politik: Studi terhadap Pemberitaan Metro TV dalam Pemilihan Presiden 2019. Skripsi
KumparanNews. KPI Minta Metro Tv Independen dan Berimbang dalam Pemberitaan. Pada 19 Desember 2022. dari https://kumparan.com/kumparannews/kpi-minta-metro-tv- independen-dan-berimbang-dalam-pemberitaan-1548042642111184688.
Lazuardi, Iqbal Tawakal. Tempo.co. BPN Prabowo Laporkan Metro TV ke KPI karena Dianggap Tak Netral. Pada 19 Desember 2022. dari https://pilpres.tempo.co/read/1188150/bpn-prabowo-laporkan-metro-tv-ke-kpi- karena-dianggap-tak-netral.
McQuail Denis. Teori Komunikasi Massa. Buku Edisi 2 Penerbit Erlangga Tahun 1991
Parwito. Komunikasi Politik: Media Massa dan Kampanye Pemilihan. Yogyakarta: Jalasutra, 2009. Jurnal
Soelistyowati Rr Dinar. Analisis Netralitas Media Televisi dalam Debat Pilpres 2019. Jurnal Ilmu Komunikasi AKRAB. Volume 4, Nomor 2, Oktober 2019: 113 – 142.
Tahir Muh Zulkifli. Penggunaan Media Komunikasi Untuk Politik Pencitraan Kandidat Bupati Dan Wakil Bupati Dalam Pemilukada Takalar 2012. Jurnal Komunikasi Kareba, Vol. 2, No. 2, April-Juni 2013.