Media Film Sebagai Sarana Pembelajaran Pendidikan Karakter Peserta Didik SD/MI Nurul Huda Cikampek

Authors

  • TRI Widya UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
  • Fajar Hariyanto Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jpi.v7i2.8206

Abstract

Film merupakan suatu cerita yang dituturkan kepada penonton melalui rangkaian gambar bergerak secara berkesinambungan. Film menayangkan berbagai cerita yang mengandung nilai-nilai kehidupan yang baik untuk diterapkan, seperti film dengan genre keluarga yang mengandung pesan-pesan moral sederhana tentang tolong menolong, keberanian, kebenaran, cinta kasih dan sebagainya. Latar belakang pada penelitian ini adalah adanya kegiatan outing class nonton bareng film di bioskop untuk menunjang pembelajaran bagi peserta didik kelas VI (enam) di SD/MI Nurul Huda Cikampek. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan dampak pelaksanaan pada pendidikan karakter melalui media film dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan mengahadirkan lima informan yang terdiri dari guru dan murid kelas enam (VI) SD/MI Nurul Huda Cikampek.

Kata Kunci: media film, pendidikan karakter, anak

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-12-30

How to Cite

Widya, T., & Hariyanto, F. . (2022). Media Film Sebagai Sarana Pembelajaran Pendidikan Karakter Peserta Didik SD/MI Nurul Huda Cikampek. Jurnal Politikom Indonesiana, 7(2), 111–122. https://doi.org/10.35706/jpi.v7i2.8206

Issue

Section

Jurnal Politikom Indonesiana

Most read articles by the same author(s)