Media Film Sebagai Sarana Pembelajaran Pendidikan Karakter Peserta Didik SD/MI Nurul Huda Cikampek
DOI:
https://doi.org/10.35706/jpi.v7i2.8206Abstract
Film merupakan suatu cerita yang dituturkan kepada penonton melalui rangkaian gambar bergerak secara berkesinambungan. Film menayangkan berbagai cerita yang mengandung nilai-nilai kehidupan yang baik untuk diterapkan, seperti film dengan genre keluarga yang mengandung pesan-pesan moral sederhana tentang tolong menolong, keberanian, kebenaran, cinta kasih dan sebagainya. Latar belakang pada penelitian ini adalah adanya kegiatan outing class nonton bareng film di bioskop untuk menunjang pembelajaran bagi peserta didik kelas VI (enam) di SD/MI Nurul Huda Cikampek. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan dampak pelaksanaan pada pendidikan karakter melalui media film dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan mengahadirkan lima informan yang terdiri dari guru dan murid kelas enam (VI) SD/MI Nurul Huda Cikampek.
Kata Kunci: media film, pendidikan karakter, anak